Beberapa waktu lalu Samsung telah mengumumkan bahwa mereka sudah memulai produksi chipset dengan fabrikasi 10nm. Chipset yang kemungkinan adalah Exynos 8895 tersebut pun kabarnya bakal tersedia sekitar awal tahun 2017 mendatang. Namun salah satu kompetitornya, TSMC, kini juga telah melakukan persiapan chipset dengan fabrikasi yang lebih kecil.

chioset-7nm

Suk Lee selaku Senior Director TSMC menyebutkan bahwa merekah telah siap untuk memproduksi chipset dengan fabrikasi 7 nanometer (nm). Bahkan TSMC telah mendapatkan sertifikasi untuk memproduksi chipset dengan ukuran yang lebih kecil tersebut. Dengan begini menjadikan TSMC produsen chipset yang selangkah lebih maju bila dibandingkan dengan produsen lainnya, seperti Samsung, Qualcomm atau Huawei.

Pihak TSMC mengatakan bahwa chipset dengan fabrikasi 7nm tersebut bakal diproduksi pada awal tahun 2017. Sayangnya untuk ketersediaan chipset ini nampaknya memakan yang cukup lama, dari beberapa pengamatan menyebutkan setidaknya bakal hadir pada perangkat-perangkat mobile di tahun 2018 mendatang.

TSMC yang berbasiskan di Taiwan juga diketahui sebagai mitra dekat Apple, terutama dalam memproduksi otak pada perangkat iPhone dan iPad. Jadi kemungkinan besar chipset dengan fabrikasi 7nm tersebut bakal hadir pada perangkat iPhone 8.

Dengan adanya chipset dengan fabrikasi yang lebih kecil diharapkan memiliki tingkat efisiensi daya yang lebih tinggi, namun dengan performa yang lebih kencang juga pastinya. Perangkat dengan chipset 10nm sendiri disinyalir bakal hadir tahun 2017 mendatang, terutama pada perangkat Samsung Galaxy S8 yang notabene Samsung telah menyiapkan chipset 10nm tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here