Kebanjiran pesanan dalam jumlah yang banyak praktis membuat kemampuan produksi sebuah produsen bakal segera diuji.  Hal inilah yang mungkin tengah dirasakan TSMC yang dikabarkan saat ini sedang sibuk-sibuknya meracik chip yang khusus dipesan oleh raksasa teknologi Apple.

TSMC A11
Mendapatkan pesanan yang terbilang tidak sedikit, tampak tak membuat salah satu produsen chip premium dunia asal Taiwan tersebut menyerah, melainkan justru TSMC kabarnya telah mengatasi perjuangan awalnya dan mulai memproduksi chip A11 yang dimaksudkan untuk memberi kekuatan pada iPhone dan iPad generasi berikutnya. Chip A11 ini kemungkinan akan dibuat dalam proses 10nm.

TSMC sebelumnya pernah memperkirakan kalau dukungan chip berteknologi 10nm dapat memberikan kenaikan kinerja hingga 20% dan konsumsi daya 40% lebih sedikit. Dengan begitu perancang chip Apple tersebut memiliki kesempatan bagus untuk memanfaatkan hal itu dan berkontribusi atas perbaikannya. TSMC diperkirakan akan memproduksi chip 100 juta A11 pada akhir tahun ini.

Selain Apple, TSMC tampaknya juga mengambil pesanan produksi chip 12nm yang berasal dari Nvidia, MediaTek, Silicon Motion, dan HiSilicon. Sementara pasar cenderung melihat banyak ponsel bertenaga 12nm pada awal tahun ini, ponsel Android andalan di tahun 2018 mendatang diperkirakan akan memiliki prosesor 7nm. Terkait hal itu, Samsung dilaporkan telah mengembangkan chipset Exynos generasi berikutnya pada proses 7nm, sementara chipset Snapdragon 845 Qualcomm juga akan dibuat dengan jajaran chip 7nm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here