Beberapa bulan lalu, diinformasilkan bahwa Apple menunjuk TSMC sebagai satu-satunya produsen chipset untuk perangkat smartphone terbarunya, iPhone 7. Nah setelah kabar tersebut beredar, rumor lain mengatakan bahwa chipset yang akan digunakan pada iPhone 7 adalah chipset A10, yang merupakan pembaruan dari chipset generasi A9.

apple-a11

Tapi pada informasi yang baru saja beredar disebutkan TSMC telah mempersiapkan chipset varian lain. Seperti yang dilansir dari Ubergizmo, Selasa (19/7/2016), dikatakan bahwa TSMC telah mempersiapkan satu chipset lagi selain A10, yakni A11. Bahkan disebutkan bahwa iPhone 7 nantinya bakal memiliki varian yang menggunakan chipset A11 dan A10. Dari informasi yang didapatkan, chipset A11 ini akan menggunakan fabrikasi 10nm FinFET.

Sedangkan untuk perangkat iPad yang terbaru, dikabarkan akan menggunakan varian A10 saja. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa TSMC juga menyediakan varian A10X, yang mana chipset dengan akhiran “X” biasanya dipergunakan untuk perangkat iPad.

Dengan informasi tersebut, besar kemungkinan kedepannya Apple bakal menggandeng TSMC sebagai produsen chipset untuk perangkat smartphone dan tablet terbaru. Karena kita tahu pada chipset A9 yang digunakan oleh iPhone 6s dan 6s Plus diproduksi oleh TSMC dan Samsung. Namun menurut pengguna iPhone 6s dengan chipset A9 buatan Samsung, dikabarkan banyak memiliki performa di bawah TSMC, terutama pada segi ketahanan baterai.

Tidak ambil pusing, Apple langsung membantah pernyataan tersebut, karena pihaknya mengatakan bahwa selisih performa antara chipset buatan TSMC dan Samsung tidaklah terlalu signifikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here