Sebagai penyedia layanan BlackBerry terkemuka di dunia, Research in Motion (RIM) baru saja mengumumkan tentang ketersediaan rilis resmi Twitter For Blackberry versi 1.1 bagi para pelanggannya. Aplikasi yang bernama Twitter 1.1 ini kabarnya baru saja tersedia dan kini bisa didownload melalui Blackberry App World.

Selama enam bulan terakhir, aplikasi ini telah diuji coba oleh para pengguna BlackBerry Beta Zone. Dan perlu diketahui, BlackBerry Beta Zone ini dikenal juga sebagai laboratorium pengujian piranti lunak milik RIM.

Adapun salah satu fitur paling menarik yang Twitter 1.1 usung ke perangkat Blackberry adalah Tweet Location. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk menentukan lokasi mereka sendiri dan memasukkannya ke dalam tweets mereka.

Untuk mengaktifkan fitur ini, seseorang hanya perlu menekan tombol Menu, pilih Options, pilih Add Location To Tweet dan kemudian simpan perubahan yang ada. Begitu fitur Tweet Location ini diaktifkan, pengguna akan melihat ikon kompas baru yang muncul di samping ikon foto di bawah kotak Tweet.

Penggunaannyapun sangat mudah karena pengguna cukup memilih ikon tersebut untuk menambahkan lokasi. Setelah itu, smartphone BlackBerry akan segera menentukan lokasi dan secara otomatis menambahkannya ke setiap Tweets baru yang disubmit. Sedangkan untuk menonaktifkan fitur ini, pengguna cukup memilih ikon tersebut lagi.

Mereka yang ingin mengetahui lokasi teman-teman mereka hanya perlu memilih lokasi ikon yang muncul di sudut kanan bawah tweet mereka untuk membuka tampilan peta. Dengan asumsi fitur Add Location diaktifkan, maka peta yang ada akan segera menampilkan lokasi di mana teman Anda berada di saat mereka mensubmit tweets.

Fitur baru lainnya juga turut ditambahkan ke aplikasi Twitter 1.1 tersebut, termasuk Push @Mentions dan #Topic Autocomplete. Untuk fitur Push @ Mention memungkinkan para penggunanya untuk menerima pemberitahuan pada smartphone Blackberry mereka setiap kali mereka disebutkan di Twitter. Sedangkan fitur #Topic Autocomplete menampilkan daftar kata kunci berdasarkan kata-kata sebelumnya yang telah dihash-tag di Tweets, Retweets, atau kata lain yang dipilih/dicari dalam Popular Topics, serta dalam aplikasi seperti Facebook untuk smartphone BlackBerry.

Aplikasi Versi terbaru ini juga memperkenalkan dukungan untuk bahasa tambahan lainnya, diantaranya Simplified Chinese, Traditional Chinese, Polish, Czech and Thai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here