You are currently viewing U-CAT, Robot Kura-kura Mungil untuk Mengeksplorasi Ruang Sempit di Lautan

U-CAT, Robot Kura-kura Mungil untuk Mengeksplorasi Ruang Sempit di Lautan

Robot dengan ukuran kecil memiliki keunggulan bisa menjelajahi tempat-tempat dengan ukuran yang sempit. Hal inilah yang dimiliki oleh sebuah robot mungil bernama U-CAT yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Biorobotik di Universitas Tallin, Estonia.

Robot U-CAT tersebut berbentuk mirip dengan kura-kura. Badannya didesain dengan bentuk kapsul dan dilengkapi dengan empat pengggerak di bagian sisinya. Dengan penggerak tersebut, robot ini pun bisa bergerak ke segala arah dengan mudah.

Profesor Maarja Kruusmaa dari pusat Biorobotik mengungkapkan bahwa robot biometrik merupakan sebuah robot yang dibangun dengan desain mirip dengan tumbuhan atau hewan. Desain tersebut digunakan untuk mencari solusi dari sebuah masalah dengan mencontoh sesuatu yang sudah ada di alam.

Robot ini pun dilengkapi dengan kamera yang senantiasa merekam apa yang ada di sekitarnya. Selain itu, robot ini juga memiliki keunggulan harganya yang tak terlalu mahal. Jadi, kalau robot ini rusak atau macet di tengah eksplorasinya, para peneliti tinggal meluncurkan robot U-CAT lainnya.

via Slashgear

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

This Post Has One Comment

  1. ayna

    waahhh… bakalan bisa nemuin spesies heawan langka di kedalaman laut nihhh… hebaattt ya

Leave a Reply