Ingin punya perangkat multi sentuh canggih tanpa harus membelinya? Kalau begitu, mungkin kehadiran perangkat sensor multi kontrol bernama Haptix ini bisa menjadi salah satu alternatif solusinya.

Dikembangkan pertama kali oleh dua insinyur muda bernama Darren Lim (Singapore) dan Lai Xue (China), Haptix memungkinkan permukaan apapun seperti meja, bangku, keyboard, lantai dan sebagainya, bisa menjadi sistem kontrol multi sentuh 3D yang canggih seperti pada perangkat berlayar sentuh pada umumnya

Haptix sendiri bukanlah sistem pertama yang memperkenalkan kontrol gerakan. Sebelumnya telah hadir Leap Motion controller yang memungkinkan pengguna untuk mengeksekusi perintah pada layar komputer melalui gerakan tangan.

Tidak seperti Leap Motion, Haptix tidak bergantung pada inframerah sehingga dapat digunakan dalam semua kondisi pencahayaan dan pada permukaan reflektif sekalipun.

Berkat dukungan pelacakan 3D dan multitouch yang terintegrasi, Haptix “Si Mouse Killer” ini dapat digunakan oleh pengguna untuk menggulir (scroll), menggeser (swipe) dan memperbesar (zoom), serta memilih item tertentu dengan cara menekan pada permukaan apapun yang telah dikonversi.

Selain dapat berinteraksi menggunakan penginderaan 3D, Haptix juga memungkinkan pengguna untuk melihat jari-jari mereka pada layar sebelum mereka menyentuh permukaan.

Saat ini, Haptix telah mendukung sistem operasi Windows (mulai dari XP hingga yg terbaru) dan Ubuntu. Tim juga berencana untuk memasukkan API pengembang, serta dukungan untuk Android dan OS X dalam waktu dekat.

Dan bahkan untuk menyelesaikan dan membiayai tahap terakhir produksi untuk Haptix, mereka kabarnya telah meluncurkan produk pada crowdfunding platform Kickstarter dan siap dipasarkan mulai bulan Februari 2014 yang akan datang.

Berikut adalah cuplikan video dari pengoperasian Haptix:

http://www.youtube.com/watch?v=lSxUQiRAgz8

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here