Dalam rangka mencapai konvergensi penuh pada semua perangkat yang ada, baik itu PC, tablet, maupun telepon seluler, aplikasi UBuntu Touch tampak memperlihatkan kemajuan yang sangat membanggakan dan kemudian diklaim oleh sang pembuatnya Canonical bakal menjadi salah satu platform pesaing paling potensial bagi keberadaan Microsoft Windows di masa yang akan datang.

ubuntu-tablet-pc-smartphone-tv

Walaupun para pengembang Ubuntu telah menunjukan upaya kerasnya guna mewujudkan gagasan dari total konvergensi yang ada selama beberapa tahun ini, tapi pada dasarnya mereka bukanlah satu-satunya yang mencoba untuk melakukannya. Jika Anda melihat lebih dekat pada karya perusahaan lain, seperti Microsoft dan Apple, Anda akan melihat kalau Windows dan iOS keduanya tampak juga merujuk ke arah yang sama dari total konvergensi.

Mark Shuttleworth, si pendiri Canonical, mungkin salah satu orang pertama yang berbicara tentang konvergensi tersebut. Dan ia merasa kalau Ubuntu nantinya akan dipastikan sanggup memberikan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan apa yang diupayakan oleh Microsoft terhadap platform Windows 8 sebagai contohnya, dan bahkan lebih dari itu, keberadaan Ubuntu sendiri sejauh ini lagipula adalah sebuah platform yang memang tersedia secara gratis bagi para penggunanya.

Jika Canonical mempertahankan langkah pengembangan tingkat tinggi ini, konvergensi yang Mark Shuttleworth maksudkan tentunya akan bisa mendahului dari apapun yang dilakukan oleh Microsoft atau Apple sekalipun.