Bagi para pengguna perangkat Android, pasti tidak asing dengan nama CyanogenMod. Ya, sebuah ROM khusus yang dikembangkan oleh Cyanogen Inc. ini memang bisa dikatakan memiliki fitur yang lebih melimpah dibandingkan yang disuguhkan oleh Google sendiri.

Namun nampaknya ekosistem ROM ini bakal musnah dalam waktu dekat. Seperti yang kami lansir dari beberapa sumber, kabarnya layanan custom ROM CyanogenMod ini bakal dihentikan. Bahkan ROM versi nightlies atau bisa dikatakan ROM yang masih dalam masa percobaan bakal dihentikan akhir bulan Desember ini.

cynogenmod-booting-logo

Akhir dari CyanogenMod ini sendiri sudah terendus beberapa bulan lalu, mulai ditinggalkan oleh CEO-nya, Kirk McMaster dan penghentian beberapa pekerja. Tak hanya itu saja, perubahan misi oleh CEO baru Lior Tal yang sedang merancang Modular OS sebagai ganti CyanogenMod juga menjadi salah satu alasan mengapa custom ROM yang banyak digandrungi ini terpaksa menghentikan layanannya.

Sepertinya ambisi dari Cyanogen untuk membunuh Android sendiri tinggal sebuah angan-angan. Pada tahun 2013 lalu, mantan CEO Cyanogen Inc. Kirk McMaster mengatakan bahwa CyanogenMod sudah menaruh pistol di kepala Google, hanya tinggal menekan pelatuknya saja.

Nantinya Cyanogen Inc. akan lebih berfokus pada mod dan customisasi pesanan dari para produsen smartphone. Jelas hal tersebut bukanlah tujuan utama Cyanogen Inc. seperti yang pernah dituturkan oleh mantan CEO-nya dahulu. Bahkan CyanogenMod sendiri pernah diklaim bakal menghilangkan batasan-batasan pada OS Android.

Tapi jangan khawatir, bagi Anda pengguna setia ROM CyanogenMod akan tetap dapat menikmati ROM tersebut, hanya saja ada beberapa fitur yang nantinya akan dimatikan. Bahkan source dari ROM ini akan tersedia bagi para pengembang yang ingin memoles CyanogenMod versi mereka sendiri.

Cukup disayangkan memang karena ROM ini tidak hanya untuk satu atau dua perangkat, namun hampir seluruh merek smartphone, tablet dan perangkat Android lainnya dapat menggunakan custom ROM ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here