Jika trend di tahun 2018 menunjukkan bahwa banyak smartphone yang mengusung poni seperti iPhone X atau poni water drop style, tampaknya untuk tahun ini trend akan berubah. Baru-baru ini muncul render dari Nokia 8.1 Plus yang menunjukkan perubahan lain dalam arah desain, yakni membuang poni untuk mendukung lubang kamera yang berada di layar.

Render kali ini datang dari @OnLeaks yang biasanya cukup dapat dipercaya bocorannya. Namun tampaknya ada sesuatu yang tidak beres dari perangkat tersebut. Terlepas dari penunjukkan “Plus”, ponsel ini pada dasarnya berukuran sama dengan Nokia 8.1 biasa, yakni dengan layar berukuran 6,22 inci. Dimensinya juga sangat mirip, smartphone baru ini akan memiliki dimensi 156.9 x 76.2 x 7.9mm, dan untuk model non-Plus saat ini adalah 154.8 x 75.8 x 8mm.

Tentu, desain kamera selfie punch-hole membutuhkan sedikit ruang di layar, tapi itu bukan perubahan yang akan membuat perangkat menjadi “sangat keren”. Pindah ke bagian belakang, kita berharap HMD membenamkan dual-kamera dengan optik Zeiss. Tidak terlihat adanya kamera penta seperti Nokia 9 yang dikabarkan.

Untuk Nokia 8-series sendiri ditujukan untuk segmen menengah premium. Kemungkinan ditambahkannya embel-embel “Plus” di sini adalah untuk mengusung chipset yang lebih tinggi dibandingkan Nokia 8.1 yang menggunakan Snapdragon 710. Namun tentunya kita harus menunggu hasil benchmark dari Nokia 8.1 Plus untuk mengetahui hardware yang akan diusungnya. Terdapat sensor fingerprint di bagian belakang yang terlihat biasa, dan ini juga memperkuat posisi Nokia 8-series sebagai mid-ranger premium.

Dari render tersebut juga terlihat bahwa Nokia 8.1 Plus akan memiliki port USB-C di bagian bawah dengan loudspeaker di sampingnya. Sedangkan di sisi atas terdapat jack audio 3.5mm.

Nokia 8.1 sudah sedikit mengecewakan dalam kehadirannya yang lebih cocok dipanggil Nokia 7.1 Plus. Jika kehadiran Nokia 8.1 Plus seperti yang digambarkan, hal itu tidak akan membuatnya menjadi smartphone yang menarik untuk dimiliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here