Perangkat komputer saat ini bisa dikatakan ukurannya semakin kecil. Meski ukurannya tidak sebesar komputer pada umumnya, kemampuannya sering tak diragukan karena dapat digunakan sebagai server, Bahkan sekarang pun sudah banyak kita menjumpai perangkat komputer yang memiliki ukuran seperti kartu kredit, yang biasa disebut dengan single board komputer.

up2_011

Bila sebelumnya kita telah mengenal Raspberry Pi, Orange Pi dan sejenisnya, kini ada satu lagi pendatang baru yang ikut meramaikan pasar single board komputer. Seperti yang dilansir dari Liliputing, komputer tersebut bernama Up Squared. Ukuran dari perangkat ini pun bisa dikatakan mirip dengan single board komputer lainnya, yakni hanya seukuran kartu kredit.

Bicara soal performa, Up Squared ini akan nampak sangat berlebihan untuk kebutuhan rumahan, karena perangkat ini sebenarnya diperuntukkan para peretas, atau untuk melakukan debug pada software atau hardware komputer berkat adanya port I/O yang lengkap.

up-squared-0

Terdapat dua varian prosesor yang digunakan oleh Up Squared, yakni Intel Apollo Lake Celeron N3350 dual core dan Pentium N4200 quad core. RAM yang disediakan pun juga beragam, yakni mulai dari 2GB hingga 8GB. Soal penyimpanan pun juga sama, terdapat beberapa pilihan eMMC yang ingin digunakan, mulai dari 16GB hingga 128GB.

Sistem operasi yang dapat digunakan oleh Up Squared sangat variatif, mulai dari Windows 10, Windows IoT Core, Ubuntu, Yocto, Android 6.0, dan Ubilinux.

Harganya sendiri single board komputer Up Squared ini tergolong murah, yakni mulai dari 89 Euro atau sekitar 1,3 juta Rupiah, untuk varian RAM 2GB dan eMMC sebesar 16GB. Sedangkan untuk varian tertinggi dengan RAM 8GB dan eMMC berkapasitas 128GB, dibanderol dengan harga 259 Euro atau setara dengan 3,7 juta Rupiah. Ketersediaannya pun masih cukup lama, yakni pada bulan April 2017 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here