Android-Nougat-2

Beberapa hari ini pengguna Android yang telah update ke Android Nougat mengalami keluhan yang sama tentang baterainya yang menjadi lebih boros sampai 10 persen. Terlebih bagi pengguna Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge.

Sebab itulah bagi sahabat beritateknologi yang ingin ikut update ke Android Nougat juga sebaiknya berhati-hati dan pastikan beberapa hal ini di smartphone sahabat.

Pastikan update ke versi 7.1.1

Cek dulu kompatibilitas smartphone sahabat, apakah sudah bisa versi Android Nougat 7.1.1 atau belum. Bila belum, sebaiknya sabar dahulu sampai resmi bisa diupdate.

Sebab umumnya masalah baterai cepat habis Android Nougat banyak terjadi di Android 7.0 dan sudah banyak berkurang di 7.1.1. Maka bila versi Nougat yang kamu miliki masih 7.0, cobalah mencari tahu info tentang smartphone dan vendor smartphone sahabat, bagaimana caranya atau kapan pastinya kamu bisa upgrade lagi ke 7.1.1.

Android 7.0 Nougat

Hapus Cache Partition, Charge, Restart

Masalah baterai boros biasanya juga terjadi karena masih tidak sinkron antara kapasitas baterai nyata dengan software yang menampilkan baterai di smartphone sahabat. Sebab itulah untuk menghindarinya, pastikan sahabat sudah menghapus Cache Partition dengan masuk ke Recovery Mode sesuai jenis smartphone sahabat, kemudian pilih Clear Cache Partition.

Kemudian bila masih, tips seperti dilansir Gottabemobile ini maka patut dicoba. Caranya, pastikan jangan sampai baterai Androidmu habis nol persen. Charge terus sampai penuh kemudian lepas dan pakai sebentar, ulangi terus sampai tiga kali. Kemudian restart smartphone tersebut. Biasanya sifat tidak sinkron antara baterai dan software akan hilang.

Update Juga Aplikasi Boros Baterai

Nah yang terakhir biasanya disebabkan beberapa aplikasi yang punya bug di Android Nougat. Bahkan ini terjadi pada aplikasi messenger yang biasa kita pakai seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dll.

Sebab itulah, jangan lupa ikut update juga aplikasi tersebut setelah smartphone sahabat pindah ke Android Nougat. Bila tidak ada update, disarankan untuk menghapusnya, kemudian menginstallnya lagi di Play Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here