Uritrottoir, Teknologi Baru dari Perancis yang Mengubah Air Kencing Menjadi Kompos

Uritrottoir, Teknologi Baru dari Perancis yang Mengubah Air Kencing Menjadi Kompos

BeritaTeknologi.com

Sebuah teknologi ramah lingkungan bernama Uritrottoir bakal menjadi solusi masalah kebiasaan masyarakat umum yang kecing sembarangan. Meski terdengar aneh, tapi di kota besar seperti Paris, ternyata ada pula orang-ornag yang tidak bertanggung jawab yang kerap kecing di sembarang tempat. Dan, alat Uritrottoir ini pun sedikit bisa mengatasi masalah tersebut.

uritrottoir

Uritrotoir ini merupakan urinoir yang bisa ditempatkan di pinggir jalan. Tidak hanya itu, Uritrotoir ini juga berguna dalam mengubah air kecing menjadi kompos yang bermanfaat bagi tanaman. Faltazi, perusahaan yang mendesain urinoir ini pun mengombinasikannya dengan pot bunga, bubuk kayu, serta jerami, yang selanjutnya akan bisa diambil dan diubah menjadi kompos.

Pihak perusahaan mengungkapkan bahwa Uritrottoir ini bisa mengatasi masalah kecing sembarangan di berbagai tempat umum dengan cara yang ekonomis. Terlebih, penggunaan pot bunga bisa menjadi penghias urinoir pinggir jalan ini sehingga tetap terlihat cantik dalam pandangan mata.

uritrottoir-1

Saat ini, Uritrottoir ini pun suda terinstal di salah satu sudut Kota Paris, tepatnya di area stasiun Gare de Lyon. Terdapat dua jenis ukuran Uritrottoir yang ditawarkan. Pertama, yang memiliki kapasitas dengan pengguna mencapai 600 orang, dan yang lain memiliki kapasitas lebih kecil. Kedua jenis urinoir ini dilengkapi dengan sistem monitoring elektronik yang bisa mendeteksi kalau urinoir itu sudah penuh dan waktunya diambil.

Hanya saja, untuk menggunakan urinoir pinggir jalan ini, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Satu unit Uritrottoir dipatok dengan banderol sebesar 3000 euro atau setara 42,9 juta rupiah. Meski begitu, pihak perusahaan yakin banyak yang tertarik dengan alat ini. Terutama karena saat ini kesadaran terhadap lingkungan terus mengalami peningkatan.

(BHK)