(Kredit: Gizmodo)

Para raksasa teknologi tak hanya bersaing melalui sistem operasi mereka, namun juga bersaing menghadirkan layanan asisten virtual yang dapat menerima perintah kita hanya melalui suara. Tiga sistem operasi mobile terbesar dunia kini sudah memiliki asisten virtual masing-masing. Jika Android punya Google Now dan iOS punya Siri, maka Windows punya Cortana sebagai asisten virtualnya.

(Kredit: Gizmodo)
(Kredit: Gizmodo)

Seperti yang dilansir dari Gizmodo, Kamis (10/12/2015), Microsoft kini membebaskan asisten virtualnya untuk Android dan iOS. Dengan demikian, Cortana kini bukan lagi layanan eksklusif yang dapat ditemui di Windows Phone saja, namun juga bisa di temui pada smartphone Android, iPhone, bahkan smartphone yang menjalankan OS Cyanogen.

Beberapa waktu yang lalu, Cortana telah melewati beberapa tahap pengijuan melalui aplikasi versi beta untuk Android dan iOS. Setelah melewati tahap pengujian, Cortana kini resmi hadir untuk Android dan iOS yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Dengan menggunakan layanan Cortana, pengguna iOS dan Android bisa melakukan sinkronisasi dengan perangkat PC berbasis Windows 10. Misalnya jika pengguna mengatur sebuah pengingat di Windows 10, maka informasi tersebut juga akan terlihat di smartphone pengguna. Selain itu, jika pengguna Android melewatkan panggilan, maka pemberitahuan itu akan muncul pada PC juga, namun sayangnya fitur ini belum tersedia untuk versi iOS.

Sama seperti asisten virtual lainnya, Cortana juga dapat digunakan untuk melihat jadwal penerbangan atau menelusuri kiriman paket. Informasi terbaru seperti hasil pertandingan tim olah raga favorit, cuaca, hingga topik berita tertentu juga dapat ditampilkan.

Selain itu, pengguna Android juga bisa memanggil Cortana hanya dengan menyebutkan “Hey Cortana” dan kemudian cortana akan menanggapi panggilan Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here