Bermain game kini tak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah joystick biasa. Sebuah perusahaan bernama Advancer Technologies mengenalkan cara baru dalam bermain game. Perusahaan yang bekerja dalam bidang teknologi biomedis tersebut membuat sebuah kontroller yang memanfaatkan gerakan otot.

Alat yang bernama USB EMG Biofeeback tersebut menggunakan sensor electromyography (EMG) yang dipadukan dengan Aruino Uno Board. Cara menggunakan kontroller ini pun cukup mudah, tinggal plug and play saja.

Dari sebuah video demonstrasi yang diperlihatkan oleh perusahaan, terlihat seorang pekerja perusahaan sedang memainkan game Super Mario Bros 3 menggunakan kontroller tersebut. Dengan gerakan menggenggam dan membuka tangannya, pekerja tersebut menggerakkan karakter mario dalam game, dari berlari, hingga meloncat.

Tujuan utama dari sistem ini adalah sebagai sarana rehabilitasi bagi pasien pasca sakit atau operasi. Dengan menggunakan media game, diharakan para pasien dapat melakukan terapi dengan kondisi yang lebih menyenangkan. Dan tentunya hal tersebut diharapkan dapat berdampak positif dalam proses terapinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here