Perluasan jangkauan platform media sosial masa depannya yang berbasis pemasangan terbatas yang ditawarkan oleh Google Daydream kemungkinan besar bakal segera dipersiapkan oleh Vicarious Inc. Perusahaan AI yang berbasis di San Francisco Bay Area – California tersebut mengumumkan akan merilis dua versi aplikasi unggulannya pada bulan ini yang memungkinkan pengguna smartphone yang tidak memiliki ponsel sekalipun dapat mengakses konten yang dibagikan (share) melalui aplikasi Vicarious VR.

Aplikasi Vicarious VR sendiri memungkinkan Anda menciptakan “pengalaman” untuk berbagi petualangan hidup bersama orang lain. Berkat dukungan video dan foto 360 derajat, memungkinkan Anda menempatkan video, foto, dan teks 2D dalam ruang lingkup 3D untuk menciptakan pengalaman immersive yang unik. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung fitur sosial agar mudah berbagi konten dengan siapapun yang Anda inginkan.

Sejatinya para pendiri Vicarious telah mulai menggarap di platform sosial pada musim panas 2015 yang lalu. Pada saat itu, para pendiri tampaknya malah lebih memilih mengembangkan platform VR, ketimbang mendukung perangkat non-VR.

Sulit untuk memprediksi seberapa cepat orang mengadopsi media baru seperti VR, dan banyak prediksi analis melampaui kenyataan tingkat adopsi VR. Namun barulah setelah resmi merilis aplikasi Google Daydream, Vicarious akhirnya mulai memutuskan untuk mengevaluasi ulang pendekatan VR-nya dan menggarap ulang platform yang ada untuk mendukung layar 2D.

Aplikasi Vicarious untuk Google Daydream adalah aplikasi hybrid, yang dapat beroperasi dengan atau tanpa headset Daydream. Begitu pula halnya dengan versi Android dan iOS-nya, karena Anda nantinya dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan atau tanpa HMD VR. Dua aplikasi Vicarious terbaru mendukung perangkat Google Cardboard sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman yang mendalam, namun jika Anda tidak memiliki headset Cardboard, Anda tetap dapat melihat konten yang dibagikan orang di platform.

Aplikasi Vicarious VR untuk perangkat iOS telah tersedia pada tanggal 15 September 2017, sedangkan untuk versi Android-nya sendiri akan tiba dua minggu kemudian pada tanggal 28 September yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here