Tahukah Anda kalau video game kini bisa dijadikan sebagai terapi fisik yang canggih? Ya, terlepas dari fungsi sebenarnya sebagai teman pengisi waktu luang dalam pemainan game, baru-baru ini video game telah disulap menjadi alat terapi fisik yang sangat berfaedah untuk anak-anak. Semua ini bisa terwujud, tak lain berkat kerja keras dari sekelompok dokter dan insinyur dari rumah sakit Shriner dan Rice University dalam mengembangkan platform video game yang akan digunakan untuk mengajar cara berjalan khusus bagi anak-anak cacat.

Dikenal dengan sebutan Equiliberator, Sistem game ini menggabungkan papan keseimbangan Wii yang berjajar sepanjang dengan pegangan tangan tekanan-sensitif. Rel dan papan keseimbangan terhubung melalui Bluetooth untuk melacak gerakan pasien sepanjang terapi yang dilakukan.

Anak yang sedang diterapi disuruh menonton game di layar yang berada dihadapan mereka. Dari tampilan video game yang ada terjalin respon agar anak yang diterapi tersebut seolah-olah menyingkirkan dunia monster yang jahat dengan bergerak menginjak bagian-bagian tertentu dari papan keseimbangan. Dalam suatu level tertentu, game ini semakin lama akan semakin sulit sehingga dengan begitu diharapkan bisa membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi pada si anak.

Walaupun saat ini proyek tersebut masih terbilang baru, namun ide dan gagasan yang tersirat dari proyek ini mengandung faedah yang bagus. Lagipula sayang kiranya bagi para dokter untuk dilewatkan.

Video game merupakan salah satu cara yang menyenangkan dan intuitif untuk menjangkau anak-anak. Dan seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini video game telah dibuat lebih bermanfaat dengan keberadaan sistem seperti Equiliberator sebagai alat medis yang berharga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here