Produk tablet asal China dengan harga yang sangat murah kini sudah banyak ditemui diseluruh dunia, termasuk juga Indonesia. Diantara kita pastinya banyak yang bertanya-tanya, kenapa produk-produk asal China selalu dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari produk-produk dari Negara lain, khususnya tablet.

Dari segi kualitas, tentunya memang sedikit jauh berbeda, namun bagi mereka yang ingin tampil gaya dengan dana pas-pasan. Produk elektronik asal China selalu menjadi pilihan.

Dalam kunjungannya ke kota Shenzen, tim dari situs ARMdevices berkesempatan untuk merekam proses perakitan dari tablet Android 7 inci dengan nama yang memang kurang terkenal,  AllWinner,  yang dijual hanya seharga $50 saja. Dalam video, anda bisa melihat bahwa proses perakitannya sangat membutuhkan konsentrasi tinggi, karena semuanya dijalankan hampir tanpa bantuan mesin sama sekali. Untuk bagian testing microphone-nya bahkan hanya menggunakan beberapa ketukan ke meja saja, tanpa adanya sebuah alat khusus.

ARMDevices melaporkan bahwa dalam satu hari, pabrik kecil tersebut mampu merakit kurang lebih 4.000 unit tablet, jadi bisa Anda bayangkan betapa tingginya tekanan kerja di dalam ruangan tersebut sehingga tidak memungkinkan adanya celah untuk para pekerja untuk bisa bercengkerama ataupun bersenda gurau dalam proses perakitan.

3 COMMENTS

  1. Produktivitas Tenaga kerja cina memang luar biasa beri 2 jempol!!!!
    sebaliknya tenaga kerja indonesia jauh dari produktif dan cenderung malas makanya bagaimana industri kita mau maju.sedikit2 demo naik minta gaji naik tinggi sementara kerjanya amburadul!!!dasar orangnya pemalas ditambah pemerintahnya setali tiga uang.HANCUR

  2. china oh china.. tdk ada kata yg pantes kecuali “very-very the best” utk urusan kerja.. tp bgmna dg urusa socialnya?

  3. gan, klo bikin perbandingan tu kasi jga dong video produk laen nya, jngan cma liat 1 sisi trus lo ambil keputusan, trus video produk laen yang buat perbandingan mana ? kok ngk keliatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here