Bagi sebagian orang, sekarang dalam mengakses dunia maya pastinya menggunakan program seperti Google Chrome, Mozilla Firefox. Opera, Safari, atau Microsoft Edge. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, serta fitur yang berbeda pula.

vivaldi

Nah kali ini ada salah satu pendatang baru program berselancar di dunia maya, yang baru saja merilis versi pertamanya. Seperti yang dilansir dari Liliputing, Rabu (6/4/2016), adalah Vivaldi, yang mana browser ini memiliki tata letak yang simpel, dengan berbalut warna merah seperti material di sistem operasi Android Lollipop.

Vivaldi sendiri merupakan program browser yang berada di bawah naungan Jon von Tetzchner. Pria ini sebelumnya adalah Co-founder dari Opera, yang hengkang beberapa tahun lalu. Merasa percaya diri, pria ini mencoba menghadirkan browser Vivaldi, yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 silam untuk kalangan tertentu.

Yang menjadi daya tarik pada browser Vivaldi ini adalah, saat kami mengujinya dengan browser yang sering kami gunakan, Google Chrome, Vivaldi ini justru menggunakan RAM yang lebih sedikit dari Chrome. Padahal halaman yang kami buka sama, tidak ada yang berbeda.

vivaldi-ram-0

Fitur menarik lainnya yang disediakan pada browser terbaru ini adalah:

Group Tab

vivaldi-2

Bagi Anda yang biasa membuka banyak halaman dan tab pastinya terkadang mengalami kebingunan halaman mana saja yang ingin dikunjungi terlebih dahulu. Dengan adanya group tab, kita dapat mengkelompokan halaman mana saja menjadi satu tab saja. Sehingga tampilan tab Anda nampak lebih ringkas dan rapi.

Web Panel

vivaldi-1

Pada browser Vivaldi ini kita akan disuguhkan dengan menu panel halaman. Fungsi dari panel ini adalah, kita dapat membuka situs yang berbeda, namun dalam satu halaman yang sama. Sebenarnya panel ini lebih cocok digunakan pada halaman yang memiliki fitur chat yang berbasis web.

Notes

vivaldi-3

Lalu ada juga lagi yang menarik adalah, adanya fitur notes pada browser ini. Sehingga bagi Anda yang ingin mencatat sebuah resep atau mungkin sesuatu, bisa menggunakan notes bawaan browser Vivaldi untuk memudahkan Anda dalam mengingat. Jadi tidak perlu membuka program tambahan lainnya.

Nah kurang lebih itulah keandalan VIvaldi dibanding browser yang ada saat ini. Saat kami menggunakan browser ini juga merasa lebih ringan, apalagi bagi Anda yang sering membuka banyak tab sekaligus dan memiliki spesifikasi komputer yang pas-pasan. Anda bisa mencoba browser ini pada situs resmi mereka.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here