Vivo Dikabarkan Bakal Umumkan Smartphone dengan In-Display Fingerprint Dalam Waktu Dekat

Vivo Dikabarkan Bakal Umumkan Smartphone dengan In-Display Fingerprint Dalam Waktu Dekat

Beberapa bulan yang lalu, produsen smartphone asal Tiongkok, Vivo telah mengumumkan bahwa mereka tengah mengembangkan teknologi in-display fingerprint yang akan segera dihadirkan pada smartphone selanjutnya. Kini perusahaan telah memposting teaser gambar baru yang mengungkapkan bahwa smartphone yang akan mengusung teknologi tersebut segera diluncurkan.

Menurut laporan Gizchina, Vivo telah mengumumkan bahwa mereka telah bekerjasama dengan Synaptics, yang merupakan pioneer di bidang ini. Dengan kerjasama kedua perusahaan tersebut bakal menghasilkan smartphone yang memiliki chip Clear ID FS9500. Chip tersebut merupakan hardware yang akan menangani segala prosedur yang berkaitan dengan fingerprint.

Chip baru tersebut bakal diumumkan oleh Synaptics dalam beberapa minggu mendatang dan chip ini bakal mendukung smartphone yang memiliki aspek rasio layar 18:9 maupun 20:9. Chipset baru ini terdiri dari sebuah sensor CMOS kecil yang ditempatkan tepat di bawah layar AMOLED, dan siap untuk memindai sidik jari saat diterangi, dengan “membaca” refleksi setiap pemindaian jari. Untuk membuat refleksi ini, bagian dari layar harus menyala, dan kemudian sensor akan menangkap bayangan antara piksel AMOLED.

Synaptics mengungkapkan jika keseluruhan proses ini membutuhkan daya yang sangat minim, yakni tidak lebih dari 80mA. Selain itu, proses ini juga akan bekerja bersamaan dengan semua sensor yang relevan dari setiap smartphone, untuk mengetahui kapan harus mengaktifkan fingerprint dan menyalakan bagian yang sesuai dari layar.

Beberapa perusahaan mengklaim kecepatan proses pemindaian sidik jari mereka bisa berlangsung hanya dalam 0,2 detik, dan Synaptics juga tidak lupa untuk membanggakan kecepatan pemindaian sidik jari yang hanya membutuhkan waktu 0,7 detik saja. Meski secara angka masih kalah cepat, namun hal itu tidak akan begitu terasa karena semua proses kurang dari satu detik.

NO COMMENTS

Leave a Reply