Setelah banyak sekali rumor bermunculan mengenai smartphone flagship dari vendor Vivo, akhirnya perusahaan membuka tabir yang akhir-akhir ini menjadi sebuah misteri. Pada tangal 30 November kemarin, perusahaan akhirnya mengungkapkan secara resmi keberadaan Vivo X6 dan Vivo X6 Plus yang memiliki kesamaan di bebeberapa sektor.

vivo-x6-FB

Sama halnya seperti Apple dengan smartphone iPhone miliknya, Vivo juga menghadirkan X6 dan X6 Plus dengan konsep yang mirip dengan iPhone, yakni varian ‘Plus’ akan ditanami dengan spesifikasi yang lebih tinggi di beberapa sektor, seperti baterai dan lain-lain. Selain itu kedua smartphone ini mengusung spesifikasi yang serupa.

Tak hanya meniru konsep varian dari iPhone saja, Vivo juga meniru desain dari iPhone 6s dan 6s Plus yang mana mengusung body bermaterial metal yang elegan dengan warna-warna mewah seperti gold, silver, dan rose gold yang menjadi tren saat ini.

Vivo-X6

Karena menyasar segmen kalangan atas, kedua smartphone ini telah dipersenjatai dengan spesifikasi high-end, dan yang paling terasa adalah kapasitas RAM yang mencapai 4GB. Kapasitas RAM sebesar itu hanya ditemui pada smartphone-smartphone papan atas seperti Galaxy Note 5, atau varian dari Asus Zenfone 2. Dengan berbekal RAM sebesar itu, tentunya smartphone dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa harus membuat smartphone merasa terjepit. Tentunya hal ini juga harus didukung dengan software dan manajemen memori yang baik pula.

 

Selain itu, kedua smartphone ini juga memiliki kemiripan pada dapur pacu yang sama-sama disokong oleh prosesor octa core 1,7GHz 64 bit. Di sektor fotografi, keduanya dibekali dengan kamera utama 13MP yang dilengkapi dengan autofocus Phase Detection serta aperture f/2.2. Sedangkan untuk kebutuhan selfie, smartphone ini memiliki kamera depan 8MP yang sudut pandang yang luas.

Sama seperti kabanyakan smartphone flagship lainnya, kedua smartphone ini juga telah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang terletak di bawah kamera belakang, sensor ini dapat mengenali sidik jari dengan arah 360 dejarat serta dapat membuka kunci hanya dalam waktu 0,2 detik. Selain itu, smartphone ini juga telah mendukung metode pembayaran.

Vivo-X6-and-X6-Plus

Varian compact alias Vivo X6 akan mengusung layar yang lebih kecil, yakni seluas 5,2 inci berjenis AMOLED serta membawa resolusi 1920×1080 piksel serta memiliki body yang sangat tipis, yakni hanya 6.56mm. Namun sayangnya, kapasitas baterainya termasuk kecil untuk kelas smartphone yang telah menggunakan prosesor octa core, yakni hanya sebesar 2.400mAh saja. Kendati demikian, Vivo telah menyempurnakannya dengan membenamkan fitur fast charging sedang marak akhir-akhir ini.

Sama halnya seperti iPhone 6s dan 6s Plus, pada Vivo X6 Plus ini juga mengusung spesifikasi yang lebih besar seperti layar seluas 5,7 inci berjenis AMOLED serta membawa resolusi 1080p. Untuk penyimpanan internalnya, jika X6 mengusung 32GB maka pada Vivo X6 Plus akan mengusung penyimpanan internal sebesar 64GB. Tak hanya itu saja, baterai yang disusung X6 Plus lebih besar yakni 3.000mAh. Namun bagi Anda yang ingin kapasitas baterai lebih besar, ada juga varian 4.000mAh, namun tentunya dengan harga yang lebih mahal dan konsekuensi body yang lebih tebal 0.29mm dari X6 biasa.

vivo-x6-and-vivo-x6-plus-launched

Nilai lebih pada smartphone ini terletak pada sektor audio yang mumpuni, yakni Vivo X6 akan menjadi smartphone pertama yang memiliki chip audio ES9028 DAC untuk pertama kalinya dalam sebuah ponsel, amplifier ES9603, dan digital YAMAHA YSS-205X mengelilingi chip audio. Varian Vivo X6 juga akan mengusung ampiler berdedikasi, namun dengan kelas yang lebih rendah, yakni Asahi Kaisei AK4375A.

Kedua smartphone ini akan mulai tersedia pertama kali di negara Tiongkok, yang akan mulai dipasarkan tanggal 6 Desember mendatang. Untuk harganya, Vivo X6 5,2 inci akan dibanderol 390 USD atau sekitar 5,4 juta Rupiah. Sedangkan untuk Vivo X6 basic baterai 3.000mAh dibanderol 469 USD atau sekitar 6,5 juta Rupiah dan 500 USD atau sekitar 6,9 juta Rupiah untuk varian baterai 4.000mAh. Semua varian akan menjalankan Funtouch OS yang berjalan diatas Android 5.1 Lollipop.

(rez)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here