Vivo V7 yang disusul Vivo V7+ merupakan dua ponsel yang memiliki layar All New Fullview™ Display dari Vivo yang sudah masuk ke Indonesia. Nah namun Vivo tak puas hanya menghadirkan produk dengan layar penuh dengan rasio 18:8 dan melalui Vivo V9 mereka menghadirkan ponsel dengan layar yang lebih besar rasionya yaitu 19:9 dengan rasio layar ke bodi sampai 90% yang membuatnya menjadi ponsel yang lebih asik digunakan untuk nonton , browsing dan main game.

Dan pada artikel ini, kami akan mengulas Vivo V9 yang memiliki slogan “Perfect Shot, Perfect View” dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Isi Paket Penjualan:

  • Sebuah unit Vivo V9
  • 1 Kabel USB microUSB
  • 1 Kepala Charger (output 5V/2A)
  • 1 Soft Jelly Case
  • 1 Sim Ejector
  • 1 Earphone Warna Putih

Spesifikasi Vivo V9:

  • Layar 6.3 Inci IPS resolusi 1440x720px All New Fullview™ Display
  • Resolusi: FullHD+ (2280x1080px)
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 450, Octa Core 1.8 GHz
  • GPU: Adreno 506
  • RAM 4GB
  • Internal Storage/ROM 64GB
  • Slot MicroSD yang bisa ditambah sampai 256GB
  • Kamera belakang (dual camera):  primer: 13 Mp, sekunder: 2MP
  • Kamera Depan 24MP, Aperture/2.0
  • Fingerprint Sensor
  • AI Face Access (Face Unlock)
  • OS: Android 8.1
  • Funtouch OS 4.0
  • Jaringan : EDGE, 3G, HSPA, 4G LTE
  • Konektivitas : Micro USB, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0
  • Baterai 3260 mAh
  • USB OTG

Desain & Bodi

Pertama-tama kita lihat yuk desain dan bodi si smartphone baru dari Vivo ini. Desain Vivo V9 tergolong keren dan stylish, apabila diperhatikan juga tampak kesan premium lebih kuat melalui solid border gold di . Lengkungan di bagian belakang yang khas dan mulus, lalu  tampilan layar All New Fullview™ Display dengan tambahan poni di bagian atas. Sebenarnya si poni/sedikit lengkungan hitam di bagian atas layar fungsinya bukan menambah sisi artistik namun sebagai spot atau lokasi sensor kamera depan.

Bodi ponsel ini tergolong slim dan menarik di mana bagian belakangnya memiliki lengkungan 3D yang membuatnya lebih nyaman dipegang.  Walau layarnya berukuran 6.3 inci namun karena layarnya bisa dikatakan hampir tanpa bezel (bezel samping hanya 1,75 mm), maka saat memegang ponsel ini serasa memegang ponsel 5.5 inci. Hanya saja karena bahannya yang licin serta tampilan permukaan metalik dan mengkilap, bagian belakang Vivo V9 mudah menyimpan bekas sidik jari tangan.

Vivo V9 memiliki rasio layar yang besar, sebesar 90% terhadap bodi yang termasuk lebih besar dibanding ponsel layar penuh yang ada di pasaran.

Resolusi layar Vivo V9 juga tergolong tajam di mana sudah memiliki resolusi FullHD+ (2280x1080px) yang tentu menyajikan gambar yang jelas dan detil.

Vivo V9 mendukung penggunaan dua SIM card (GSM serta GSM) jenis Nano-SIM dan Nano-SIM yang memang sudah jamak sekarang ini dan Anda pun tidak perlu melepas salah satu SIM bila ingin menambah microSD karena sudah ada slot tersendiri.

Saat penulisan artikel ini, Vivo V9 ditawarkan dalam dua pilihan warna yaitu black dan gold di Indonesia namun siapa tahu Vivo Indonesia menambah pilihan warna yang tersedia di waktu mendatang.

Ayo kita lihat langsung penampakan Vivo V9 supaya jelas.

 

UI & Software

Salah satu hal yang kamu sukai dari Vivo adalah FunTouch OS menyuguhkan tampilan desain UI yang enak dilihat, simple, rapi dan menarik. Tipe pengaturan yang ditawarkan FunTouch OS adalah mirip iPhone yang tidak memiliki app drawer. Dan untuk melakukan uninstall aplikasi tinggal tekan dan tahan pada ikon aplikasi lalu klik tombol silang untuk menghapus aplikasi dari ponsel.

Banyak fitur-fitur penolong yang disediakan seperti akses cepat dengan gerak tangan, lalu one hand mode bagi Anda yang merasa layar agak besar untuk mengetik serta fungsi keyboard yang lebih lengkap.

Vivo tidak menambahkan banyak bloatware tetapi menyisipkan beberapa aplikasi bawaan yang banyak digunakan dan memang populer di Indonesia seperti aplikasi pembaca berita Babe, Baca, Lazada, Facebook, Whatsapp,  WPSOffice, serta UCBrowser. Ada juga aplikasi V-AppStore yang bisa menjadi alternatif selain Google Play Store bagi Anda yang ingin menemukan dan menginstall aplikasi tambahan.

Storage yang tersisa yang bisa digunakan saat kami memulai menggunakan perangkat ini (tanpa install aplikasi tambahan atau uninstall aplikasi yang disertakan) adalah sebesar 49.74 GB.

Berikut ini tampilkan UI dan aplikasi bawaan yang tersedia saat memulai menggunakan ponsel.

Kamera & Fitur Fotografi Vivo V9

Dual Rear Camera – AI Bokeh

Vivo V9 memiliki dual camera di bagian belakang di mana kamera belakang utama beresolusi 13 MP dan kamera belakang sekunder beresolusi 2 MP.  Kombinasi dua sensor kamera ini diperlukan supaya dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh yang bisa menyamai kualitas hasil jepretan dari kamera DSLR. Bahkan kerennya, Anda dapat mengambil gambar lebih dahulu, baru mengatur efek bokeh yang diinginkan setelahnya.

Untuk mengambil foto, Vivo V9 juga mendukung pilihan perintah dengan tangan maupun suara selain sentuhan. Vivo V9 juga memiliki kemampuan perekaman video sampai resolusi FULL HD.

Selain kemampuan kameranya yang menarik, Vivo V9 juga menyertakan banyak fitur pelengkap untuk memaksimalkan fungsi kameranya seperti Editor Foto yang lengkap sehingga foto yang dihasilkan dapat diedit langsung menggunakan fitur yang telah disediakan built-in dari Vivo.

Editor Foto

Editor foto ini mampu melakukan berbagai fungsi edit dan pengolahan foto yang bisa dibilang lengkap, sehingga kita tidak perlu lagi harus menginstall aplikasi tambahan untuk edit foto.  Untuk mengaktifkan mode editor ini kita hanya klik “Edit” saat menampilkan foto di Galeri.

Kita bisa mengatur kecerahan, merotasi, memotong, mengatur kecerahan, kontras, menambahkan doodle, border, teks, mosaik, filter serta stiker. Perhatikan UI editor berikut di bawah beserta pilihan fitur mengedit foto serta daftar stiker yang ada. Klik utk perbesar dan perhatikan bagian bawah screenshot yang menampilkan pilihan-pilihan yang tersedia pada editor foto Vivo V9.

Bahkan kerennya kita bisa mengubah besar aperture setelah foto selesai diambil, jadi Anda bisa mengubah bagian mana yang ingin kita fokuskan dan kita bisa mengatur efek bokeh dengan mudah.

 

AI Selfie Camera 

V9 merupakan ponsel yang memiliki kamera depan bersensor 24MP, yang merupakan sensor dengan jumlah megapiksel tertinggi untuk kamera depan. AI Selfie Camera Vivo V9 juga didukung oleh AI Face Beauty.

Kamera depan Vivo V9 mampu menangkap gambar sampai resolusi 24MP dan dibekali kemampuan portrait mode, group selfie untuk mengambil gambar secara wide sehingga bisa menangkap foto banyak orang bersamaan sekaligus.  Kamera depan Vivo V9 bisa kita andalkan untuk menangkap gambar dengan jelas dan wajah tampak bersih plus Fitur AR Sticker, AI Face Beauty, Group Selfie serta fitur AI Selfie Lighting membuat berselfie ria dengan Vivo V9 menjadi makin oke. 

AI Face Beauty

Apa itu AI Face Beauty? Jadi, AI Face Beauty mendeteksi jenis kelamin, usia, warna dan tekstur kulit, serta pencahayaan di lingkungan sekitar, kemudian mengolahnya untuk memberikan efek Face Beauty pada setiap orang. Hasilnya, foto selfie Anda akan terlihat lebih nyata dan natural. AI Face Beauty juga dapat mempelajari pengaturan yang telah disesuaikan dan mengaplikasikan pengaturan tersebut secara otomatis setiap kali Anda melakukan pengambilan foto.

Untuk menggunakan fitur AI Face Beauty Anda hanya perlu mengklik tombol AI dan bukan pada angka-angka yang muncul.

AI Selfie Lighting 

V9 dapat mengubah foto biasa (2D) menjadi model 3D yang bertujuan untuk memproses cahaya menjadi otentik dan artistik. Pilih fitur AI Selfie Lighting dan jadikan kondisi apapun menjadi studio profesional untuk menangkap objek foto tetap maksimal. Selain itu ada mode monochrome yang bisa menjadikan background selfie menjadi hitam putih, perhatikan UI yang tampak di gambar berikut (klik untuk perbesar) yang bisa diaktifkan dengan klik tombol Edit pada foto yang kita pilih.

AR Sticker

Fitur ini menampilkan pilihan berbagai stiker berbasis AR yang dapat digunakan untuk menghias foto selfie maupun foto dari kamera belakang sehingga kita tidak perlu mendownload aplikasi tambahan lain untuk menambah efek-efek lucu dan menarik.

Anda bisa melihat tampilan UI untuk menambahkan AR Sticker pada screenshot berikut:

Berikut ini adalah 2 contoh hasil foto dengan AR Sticker.

AI HDR
AI HDR terbaru dari Vivo, membantu Anda mengambil gambar dengan kondisi backlight yang membuat hasil foto Anda tetap jernih, cerah dan detail. AI HDR terbaru dari Vivo, membantu Anda mengambil gambar dengan kondisi backlight yang membuat hasil foto Anda tetap jernih, cerah dan detail.

Galeri Hasil Foto Vivo V9
Anda dapat melihat tambahan contoh-contoh hasil foto kamera Vivo V9 berikut ini:

AI Face Access

V9 dilengkapi fitur keamanan yang mengandalkan pengenalan wajah sehingga Anda dapat melakukan unlock serta mulai menggunakan ponsel mengandalkan pemindai wajah ini. Bagusnya Vivo V9 memiliki tambahan kemampuan spesial yang mencegah manipulasi fitur ini yang dapat membedakan wajah asli dengan foto atau video.

Saat kami mencoba mendaftarkan “wajah” serta membuka kunci dengan pengenalan wajah, tidak ada masalah berarti dan pengenalan wajah berlangsung cepat dan lancar.

Fitur AI Face Access dilengkapi dengan fitur App-Lock yang menawarkan lebih banyak privasi dan perlindungan pada aplikasi tertentu dengan hanya mengizinkan akses melalui deteksi wajah.

Ada juga yang spesial dari fitur Face Access ini bernama AI Attention Sensing di mana V9 dapat mendeteksi wajah saat Anda melihat layar dan secara otomatis langsung memperkecil volume suara notifikasi pesan, panggilan, atau alarm.

Berikut ini tampilan UI bila wajah tidak dikenali:

Fingerprint Scanner

Tombol fingerprint scanner/pengenal sidik jari terletak pada bagian belakang perangkat dan mudah untuk diakses oleh tangan. Fingerprint sensor berjalan dengan baik mengenali sidik jari penulis saat mendaftarkan sidik jari serta saat membuka kunci menggunakan sidik jari.

Tampilan pengaturan fingerprint dan face access pada Vivo V9 bisa dilihat pada screenshot berikut:

Game Mode Terbaru

Vivo V9 memiliki fitur Game Mode yang lebih baru yang memungkinkan Anda terbebas dari gangguan apapun saat bermain game, karena bisa menonaktifkan notifikasi, pesan dan panggilan saat bergmain.

Anda dapat mengatur melalui Game Mode untuk menampilkan panggilan telepon dari kontak tertentu saja. Anda pun dapat memilih untuk menjawab, menolak, atau mengabaikan panggilan dengan menggeser ke atas saat bermain.

Selain itu ada juga fitur picture-in-picture pada Game Mode yang berfungsi untuk mengaktifkan aplikasi pesan tanpa menghentikan game, cukup dengan menggeserkan tiga jari ke bawah pada layar.

Lalu apakah Anda masih kuatir dengan tampilan layar yang terhalang keyboard ketika chatting dan bermain game pada waktu bersamaan? Tenang saja karena V9 memiliki keyboard berdesain khusus dan ringkas, sehingga hanya menempati sedikit area pada layar (Catatan: fitur ini hanya Untuk Aplikasi Tertentu).

Cara mengaktifkan Game Mode adalah melalui menu Settings kemudian pilih Game Mode dan kemudian aktifkan.

Cara lain kita dapat melakukan klik tombol ikon Game Mode pada menu Control Center yang bisa kita tampilkan dari bagian bawah dengan mendrag/menggeser dari bawah layar.

Pada saat kita mulai memainkan game, Vivo V9 bisa menampilkan Game Assistant untuk membantu Anda mengatur pengaturan Game mode .

Berikut ini adalah tampilan UI pengaturan, notifikasi Game Mode serta Game Assistant

Motorbike Mode

Menambah keunikan ponsel ini, selain Game Mode, V9 juga menyediakan Motor Mode yang mengatur bagaimana smartphone ini merespon terhadap panggilan saat kita sedang mengendarai atau membonceng motor. Anda bisa melihat pengaturan dari Motorbike Mode pada gambar berikut:

Pocket Karaoke

Pocket Karaoke merupakan fitur yang memungkinkan Anda mendengarkan suara Anda sendiri melalui earphone, sehingga Anda dapat mendengar suara dan nyanyian Anda saat berkaraoke melalui si V9 ini.  (Saat ini Vivo bekerja sama dengan WeSing, dan nantinya lebih banyak Aplikasi yang akan tersedia.)

Performa

Vivo V9 menggunakan chipset OctaCore (delapan inti) buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 450 yang memiliki kecepatan clock sampai 1.8Ghz. Performa ponsel ini kami tes menggunakan aplikasi benchmark Antutu versi 7 dan Geekbench 4.0

RAM yang tersisa pada perangkat apabila kami menjalankan satu aplikasi saja yaitu Antutu (hanya menampilkan informasi pada MyDevice) adalah sebesar 1769 MB (lebih dari 1.5 GB yang tersisa) sehingga kita bisa mengandalkan perangkat ini dalam bermultitasking ria.

Dan skor yang diperoleh pada Antutu Benchmark versi 7.0.6 sebesar 76836 menunjukkan Vivo V9 memiliki performa yang tergolong oke.

Hasil skor Geekbench 4.0 CPU single core sebesar 775 memang sepertinya tidak terlalu besar, hal ini mungkin dikarenakan clock Snapdragon 450 tidak terlalu tinggi yaitu 1.8 Ghz di mana sebagian chipset terbaru memiliki clock lebih besar dari 2.0 Ghz. Namun hasil skor CPU multicore ponsel ini tidak mengecewakan yaitu sebesar 3927 yang lumayan tinggi, malahan skor pada kemampuan komputasi (GPU) dari Adreno 506 sebesar 3391 tergolong memuaskan sehingga perangkat ini bisa memainkan game 3D dengan mulus bahkan bisa mengalahkan skor chipset kelas flagship tahun 2016.

Berikut ini tampilan skor Antutu:

Dan tampilan skor Geekbench 4 CPU dan Compute berikut ini:

Tes Gaming

Kami melakukan uji tes beberapa game menggunakan ponsel ini. Yang pertama kami mencoba dengan Game Tekken, game fighting yang legendaris yang sudah tersedia di Play Store sejak tahun 2017.

Saat memainkan game Tekken, mayoritas waktu tidak terasa lag dan tampilan mulus dan lancar saat bertarung, namun penulis merasa sempat muncul sedikit lag saat dalam game maupun saat menampilkan menu dan navigasi user interface game (bukan saat memainkan pertarungannya) , namun tingkat lagnya minim dan tidak sampai mengganggu keasikan bermain.

Memang Tekken memiliki persyaratan berat untuk CPU yang diperlukan (disarakan CPU Snapdragon 820 ke atas) dan loading juga agak terasa berat. Perhatikan info berikut yang ditampilkan oleh Tekken di Playstore.

Lalu penulis juga memainkgan game Iron Kill, Asphalt Nitro serta War Dragon yang kesemuanya didapati lancar saat dimainkan di ponsel ini. Ponsel juga tidak terasa panas saat kami memainkan game-game tersebut.

Berikut ini  tampilan screenshot game-game yang kami mainkan:

Baterai

Vivo V9 menggunakan chipset Snapdragon 450 yang dibuat dengan proses produksi 14nm yang menjadikan ponsel ini tergolong hemat daya.

Vivo menyediakan fitur penghemat daya yang akan ditampilkan di layar secara otomatis dan menyediakan piilhan bagi kita untuk mengaktifkannya saat daya baterai tersisa sedikit/low di mana V9 juga akan menampilkan notifikasi yang menampilkan saran untuk mengaktifkan Low Power Mode juga akan secara otomatis muncul saat persentase baterai mencapai 20%.

Selain low power mode ada juga mode Super power-saving di mana pada mode penghemat daya ini, perangkat hanya mengaktifkan fungsi utama ponsel seperti Contact, Phone, Messages dan Clock sehingga penggunaan baterai akan minim sekali.

Saat kami melakukan charging dengan sisa daya baterai 10%, kami mendapati level daya baterai menjadi 39% dalam waktu 30 menit dan mencapai 65% dalam waktu 1 jam dan charge dalam waktu kurang lebih 2 jam pengisian daya baterai mencapai 100%.

Untuk ketahanan, baterai sebesar 3260 mAh dari Vivo V9 bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat secara umumnya untuk fungsi komunikasi serta hiburan selama seharian dengan penggunaan secara wajar.

Kelengkapan Sensor:

Vivo V9 tergolong memiliki kelengkapan sensor yang cukup lengkap, di mana dari total 9 macam sensor hanya ada 2 yang tidak didukung  yaitu sensor tekanan dan sensor suhu. Vivo pun menyertakan aplikasi kompas pada smartphone ini.

Kesimpulan

Bagi kami Vivo V9 terbilang cukup oke, karena smartphone ini sudah menyertakan berbagai fitur terkini seperti fitur pengenalan wajah, kamera belakang dual rear camera – AI Bokeh yang mampu menghasilkan bokeh ala kamera DSLR  , lalu kamera depan AI selfie camera yang mampu menangkap gambar sampai resolusi 24MP serta menghasilkan efek bokeh menggunakan teknologi AI, dan tak ketinggalan fitur andalan utama yaitu All New Fullview™ Display berukuran 6.3 inci yang luas namun tetap dalam ukuran yang nyaman di tangan, dan tak ketinggalan ponsel ini memiliki kapasitas RAM dan ROM yang besar.

Kelebihan Vivo V9:

  • All New Fullview™ Display berukuran besar (6.3 inci) namun masi nyaman di tangan
  • RAM dan Internal Storage besar
  • Kamera depan & belakang bisa menghasilkan Efek Bokeh
  • OS Android 8.1 Terbaru

Kekurangan Vivo V9:

  • Tidak ada NFC
  • Permukaan belakang mudah menyimpan bekas sidik jari tangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here