Pada saat terjadi bencana, permasalahan yang krusial adalah komunikasi. Tak jarang menara komunikasi milik para provider telepon mengalami kerusakan pada saat terjadi bencana. Untuk menangani hal tersebut, Vodafone Foundation pun memperkenalkan sebuah tas punggung dengan jaringan mobile di dalamnya.

tas punggung jaringan mobile_1

Tas punggung tersebut hanya berbobot 11 kilogram. Tas punggung ini pun dilengkapi dengan Instant Network Mini yang bisa digunakan untuk menghubungkan stasiun 2G GSM ke host jaringan mobile melalui unit satelit portabel. Fungsi jaringan mobile tersebut pun diklaim sama dengan sebuah base station yang melayani jaringan 2G.

Juru bicara Vodafone Foundation mengatakan bahwa perangkat tersebut dilengkapi dengan baterai internal. Selain itu jaringan mobile tersebut juga bisa ditenagai dengan generator ataupun sumber tenaga lainnya. Mereka pun mengklaim kalau Instant Network Mini tersebut hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk bisa beroperasi secara normal.

tas punggung jaringan mobile_2

Tas punggung tersebut pun bisa melayani painggilan telepon dan SMS. Pihak Vodafone Foundation memang mendesain tas ini untuk digunakan pada saat terjadi bencana. Selain itu, mereka pun mengatakan bahwa untuk mengatur jaringan mobile di tas tersebut pun sangat mudah dan bisa dilakukan semua orang.

via gizmag