5 Rekomendasi VPN Online Gratis Terbaik

5 Rekomedasi Layanan VPN Online Gratis Terbaik dan Tercepat

BeritaTeknologi.com – VPN atau Virtual Private Network adalah teknologi yang memungkinkan pengguna internet untuk mengakses jaringan pribadi secara aman dan pribadi. Dalam era digital saat ini, browser VPN online gratis menjadi semakin populer karena memberikan tingkat privasi dan keamanan yang lebih tinggi saat browsing internet.

Sebuah VPN online bekerja dengan mengenkripsi lalu lintas internet yang dikirim dan diterima oleh pengguna, sehingga informasi tersebut menjadi lebih sulit untuk diakses oleh pihak ketiga yang tidak berwenang. Hal ini dapat mengurangi risiko dari ancaman keamanan seperti hacking, pencurian data, dan serangan malware.

Cara Kerja VPN Online

VPN bekerja dengan cara menciptakan saluran aman antara pengguna dan server VPN. Proses ini melibatkan penggunaan protokol enkripsi untuk mengamankan informasi yang dikirim dan diterima melalui jaringan internet. Setelah informasi terenkripsi, ia kemudian dikirim melalui saluran yang aman dan diterima oleh server VPN.

VPN online menggunakan beberapa protokol yang berbeda untuk mengamankan koneksi internet. Beberapa protokol yang paling umum digunakan termasuk PPTP, L2TP/IPSec, OpenVPN, dan IKEv2.

VPN juga menggunakan server dan klien untuk membuat jaringan yang aman. Sebuah server software browser VPN berfungsi sebagai gateway antara pengguna dan internet, sedangkan klien VPN adalah perangkat atau program yang digunakan untuk mengakses jaringan VPN.

Fungsi VPN Online

Keuntungan menggunakan layanan VPN Online Gratis juga dapat diterapkan di tempat kerja. Virtual Private Network cocok untuk pengaturan kerja jarak jauh, karena karyawan dapat menggunakannya untuk memiliki koneksi yang aman ke PC tempat kerja mereka serta aplikasi dan file perusahaan, di mana pun mereka berada. Menggunakan VPN online untuk bisnis memastikan bahwa data pelanggan dan perusahaan yang berharga seaman mungkin, bahkan saat bekerja dari rumah.

Sebelum menggunakan VPN, Anda harus tahu fungsi-fungsi apa saja yang ditawarkan oleh suati software Virtual Private Network.

Menyembunyikan Identitas Anda

VPN online dapat menyembunyikan alamat IP pengguna dan menggantinya dengan alamat IP dari server VPN yang digunakan. Hal ini membuat identitas Anda sulit dilacak dan membantu melindungi privasi Anda saat online. Contohnya, Anda berada di Indonesia dan ingin semata terlihat di Singapore, Anda tinggal memilih negara tersebut, maka alamat IP akan langsung terganti.

Mengamankan Koneksi Internet

Software VPN online gratis dapat mengenkripsi semua data yang Anda kirimkan dan terima saat online, membuatnya lebih sulit untuk diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Membuka Akses ke Situs Yang Diblokir

Beberapa negara dapat memblokir akses ke situs web tertentu. Sebagai contoh Anda ingin mengakses situs game online yang berkaitan dengan perjudian, namun situs teresebut terkena Internet Positif. Maka Anda dapat mengaksesnya dengan menggunakan VPN online.

Keamanan Hemat Biaya

Ada solusi keamanan baru setiap hari, tetapi software dan firewall terbaru bisa mahal dan mungkin menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang mereka cegah. Anda dapat menghindari biaya lisensi yang tinggi atau biaya bulanan dengan menggunakan VPN online gratis terbaik rekmendasi kami. Meskipun mungkin tidak memindai virus atau memblokir penyusup agar tidak mencoba terhubung ke PC Anda, VPN mencegah kebutuhan akan fitur tersebut dengan membuat Anda tidak terlihat saat online. Anda tidak perlu memblokir orang luar yang mencoba masuk ke jaringan Anda jika menurut mereka sistem Anda berada dua ribu mil jauhnya di Jamaika.

Rekomenasi VPN Online Gratis Terbaik

Berikut ini adalah delapan VPN online gratis terbaik yang dapat membantu Anda melindungi privasi Anda saat online:

Hide.me

Hide.me merupakan salah satu pilihan terbaik untuk layanan VPN online. Di mana, para pengguna dapat memilih dari tiga lokasi server yang berbeda: Amerika Serikat, Belanda, dan Kanada. Meskipun hanya tiga lokasi server yang tersedia, ini sudah cukup untuk memungkinkan pengguna membuka blokir beberapa web atau aplikasi yang sebelumnya tidak bisa diakses.

Ada beberapa keterbatasan yang harus diperhatikan jika Anda menggunakan layanan Hide.me VPN gratis. Salah satunya adalah batas data yang ditetapkan. Setiap pengguna hanya diperbolehkan menggunakan layanan ini dengan kapasitas data sebesar 2GB per bulan. Jika pengguna melebihi batas ini, mereka harus memperbarui akun mereka atau meng-upgrade ke paket berbayar.

CyberGhost

CyberGhost adalah VPN online yang dapat mengamankan koneksi internet Anda dan menyembunyikan identitas Anda. VPN ini memiliki server di seluruh dunia dan kecepatan internet yang baik. Jika dibandingkan dengan VPN online lain, CyberGhost menawarkan keamanan yang lebih canggih, seperti enkripsi data yang kuat, perlindungan dari serangan malware dan phising, serta pemblokiran iklan dan situs web berbahaya. Layanan ini tersedia untuk perangkat Windows, Mac, iOS, dan Android, dan dapat diakses melalui aplikasi yang mudah digunakan. Untuk pemilihan alamat IP, Anda dapat memilih jangkaun negara yang di ingini.

Proton VPN

Proton VPN adalah VPN online gartis cepat yang sangat aman dan terkenal karena tidak menyimpan log aktivitas pengguna. VPN ini juga memiliki kecepatan internet yang baik. Dengan menawarkan versi gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja. Meskipun versi gratis ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti jumlah server yang lebih sedikit tetapi masih cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Layanan Proton VPN gratis juga menawarkan perlindungan keamanan yang cukup baik, termasuk enkripsi data end-to-end dan perlindungan terhadap serangan DDoS.

Avira Phantom VPN

Avira Phantom VPN Gratis adalah sebuah layanan VPN (Virtual Private Network) yang disediakan oleh Avira. VPN online ke-4 ini dapat digunakan untuk mengamankan koneksi internet Anda dan melindungi privasi online dengan menyembunyikan alamat IP Anda dan menyediakan enkripsi data yang aman.

Disamping itu, Anda juga dapat mengakses konten yang dibatasi geografis, serta mempercepat koneksi internet dengan mengurangi pembatasan internet yang diimpose oleh penyedia layanan internet (ISP). Namun, perlu diingat bahwa layanan VPN online gratis biasanya memiliki batasan-batasan tertentu, seperti jumlah data yang bisa Anda gunakan dan kecepatan koneksi yang terbatas.

Jika Anda membutuhkan fitur-fitur yang lebih lengkap dan koneksi yang lebih cepat, silakan mempertimbangkan untuk mengupgrade ke versi berbayar dari Avira Phantom VPN atau mencari software VPN online terbaik lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

TunnelBear

TunnelBear VPN adalah salah satu software VPN online yang populer, namun sayangnya tidak sepenuhnya gratis. TunnelBear menawarkan versi gratis yang memiliki batasan dalam penggunaannya, seperti jumlah data yang dapat Anda gunakan dalam sebulan atau jumlah perangkat yang dapat Anda hubungkan ke VPN online.

Versi TunnelBear gratis memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan VPN online hingga 500MB per bulan, yang mungkin tidak cukup bagi banyak pengguna internet. Namun, jika Anda hanya memerlukan VPN untuk keperluan yang ringan atau sesekali saja, versi gratis TunnelBear mungkin dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Kekurangan VPN Online Gratis

Sebelum memutuskan untuk menggunakan VPN, penting juga untuk memahami kelemahan VPN. Kabar baiknya adalah bahwa dalam banyak kasus, kelebihannya jauh lebih banyak daripada kekurangannya.

Inilah yang perlu Anda ketahui:

Kecepatan Koneksi Lambat

Karena fakta bahwa VPN adalah koneksi virtual yang ada di dalam jaringan fisik, akan selalu ada pelambatan dalam hal kecepatan internet. Membuat dan memelihara VPN akan membutuhkan sejumlah bandwidth, yang memperlambat kecepatan koneksi. Sederhananya, menggunakan VPN mengambil sumber daya dari internet Anda, sehingga membatasi seberapa cepat koneksi Anda melalui VPN.

Koneksi Terputus

Bahkan VPN online terbaik pun terkadang dapat memutus koneksi. Ketika VPN kehilangan konektivitas, itu tidak sama dengan hanya kehilangan Wi-Fi dan terputus dari internet. Koneksi terputus melalui layanan online VPN berarti informasi jaringan Anda yang sebenarnya sekarang ditampilkan untuk siapa saja. Ini juga berarti bahwa selama koneksi terputus, ISP Anda dapat melihat situs apa yang Anda kunjungi. Jika ada situs yang Anda kunjungi melanggar ketentuan layanan ISP—seperti torrent, misalnya—mereka dapat mematikan koneksi Anda saat itu juga.

Cara Menggunakan VPN Online

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan VPN online:

Pilih VPN Online yang Ingin Anda Gunakan

Pilih salah satu dari lima VPN online gratis terbaik yang kami rekomendasikan di atas.

Unduh dan Instal Aplikasi VPN

Unduh dan instal aplikasi VPN pada perangkat Anda. Aplikasi VPN dapat ditemukan di google play atau situs web resmi VPN.

Buka Aplikasi VPN Online dan Pilih Server

Buka aplikasi VPN online dan pilih server yang ingin Anda gunakan. Pastikan untuk memilih server yang terdekat dengan lokasi Anda untuk mempercepat koneksi internet Anda.

Aktifkan VPN

Aktifkan VPN dengan menekan tombol “aktifkan” pada aplikasi VPN.

Nikmati Privasi dan Keamanan Anda

Sekarang Anda dapat menjelajahi internet dengan aman dan melindungi privasi Anda saat online.

Secara garis besar, VPN online adalah alat yang sangat berguna untuk melindungi privasi dan keamanan data saat online. Dengan menggunakan salah satu dari delapan VPN online gratis terbaik yang kami rekomendasikan di atas, Anda dapat melindungi privasi Anda dan mengakses situs web yang diblokir dengan mudah dan aman

Share This Post