Sudah hal yang wajar dan biasa jika kita menjumpai kesalahan pada sistem operasi mobile namun bagaimana jadinya jika sistem yang error adalah sistem GPS? Tentu ini akan sangat berdampak secara luas dan mengganggu sistem yang lain. Hal buruk ini ternyata terjadi di kota Moskwa, Rusia, dimana semua aplikasi yang bergantung pada sistem GPS tidak dapat bekerja dengan baik.

pokemon-go-1080x675

Sebagai contoh aplikasi yang memerlukan sistem GPS adalah game Pokemon Go dan Uber, dimana kedua aplikasi tersebut lumpuh saat sistem GPS kacau. Aplikasi yang terdampak kekacauan sistem GPS ini akan menunjukkan posisi yang tidak akurat, bahkan hingga sejauh 29 km.

Tentu ini sangat mengganggu bagi mereka yang rutin menggunakan sistem GPS, seperti contoh jika seseorang mengandalkan Uber sebagai sarana transportasi sehari-hari, maka ia akan kesulitan untuk mencari transportasi karena posisinya tidak akurat. Selain itu, para pemain game Pokemon Go juga kebingungan untuk mencari Pokemon karena lokasinya tidak sesuai dengan aslinya.

Bagi yang menggunakan fitness tracker berbasis GPS juga akan merasakan gagguan ini, dimana jalur yang mereka lintasi tidak terekam oleh sistem karena sistem GPS yang kacau. Masalah ini sendiri awalnya muncul pada bulan Juni lalu, dan masih terjadi hingga saat ini karena belum ada tindak lanjut dari pemerintah setempat.

Kejadian ini menimbulkan spekulasi oleh seorang programer yang bernama Grigory Bakunov, dimana ia mengatakan jika pemerintah Rusia merupakan dalang dari semua kekacauan ini. Pemerintah dianggap melakukan hal ini sebagai tindak pencegahan agar tidak ada drone yang melintas di daerah Moskwa.

Namun hal ini dibantah oleh pihak pemerintah, melalui Dmitry Peskov selaku juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia mengatakan jika dirinya juga mengalami gangguan GPS saat mengemudi di Kremlin. Namun banyak yang menduga jika ini merupakan rahasia yang sangat dijaga oleh Rusia. Terlepas dari itu, kegiatan yang mengantungkan sistem GPS pada daerah ini akan sangat terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here