You are currently viewing Wah, Aplikasi Bajakan Muncul di BlackBerry App World

Wah, Aplikasi Bajakan Muncul di BlackBerry App World

Aplikasi bajakan ternyata tidak hanya menjadi permasalahan di komputer desktop. Teknologi mobile pun mengalami masalah serupa. Dan, yang paling baru, kemunculan aplikasi bajakan tersebut diketahui ada di toko aplikasi miliki Research in Motion, yakni BlackBerry App World.

Adalah developer Android bernama bal00 yang menuliskan adanya tindakan pembajakan di situs Reddit. Dia mengatakan bahwa sebelumnya telah menerima email dari pengguna aplikasinya yang mengatakan bahwa terdapat permasalahan dalam hal kompatibilitas. Pengirim email tersebut terlihat menggunakan aplikasi miliknya melalui BlackBerry PlayBook.

Awalnya, dia menduga bahwa pengirim email tersebut menggunakan ROM Android mirip BlackBerry PlayBook pada tablet Android. Namun, dugaannya ternyata salah. Para pengirim email tersebut benar-benar menggunakan PlayBook setelah mengunduh aplikasinya dari BlackBerry App World.

Lebih lanjut, bal00 pun mencoba untuk mengecek langsung di App World. Ternyata di situ dia menemukan aplikasi Android miliknya yang dikonversi menjadi aplikasi BlackBerry dan kemudian mengunggahnya ke App World. Aplikasi tersebut pun tak hanya satu, melainkan puluhan.

Dan, permasalahan tak hanya diperoleh para developer. bal00 mengaku bahwa dia memperoleh beberapa panggilan dari pengguna BlackBerry yang mengklaim telah membayar aplikasi tersebut tiga kali lebih mahal dibandingkan harga sebenarnya aplikasi tersebut di Google Play Store.

(Via Phonearena)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply