Cina kerap ditunjuk sebagai negara plagiat. Meski begitu, ternyata ada juga lho produk-produk berkualitas kelas dunia yang menjadi milik negara tirai bambu itu. Bahkan, baru-baru ini terungkap kalau jam waktu paling akurat sedunia ternyata milik negara Cina. Namun jam tersebut tidak berada di bumi, melainkan di luar angkasa.

Jam waktu paling akurat tersebut ditempatkan oleh Cina di Tiangong-2, stasiun luar angkasa milik negara tersebut. Tiangong-2 ini baru saja diluncurkan ke angkasa pada minggu kemarin. Pada peluncuran itu, tersemat jam paling akurat sedunia sekaligus cold atomic clock pertama dunia. Pengiriman jam atom itu dilakukan berkaitan dengan eksperimen Cold Atomic Clock in Space (CACS).

jam-waktu

Dibandingkan dengan jam waktu yang ada di bumi, seperti dikutip dari Digital Trends, CACS ini mempunyai tingkat akurasi yang lebih tinggi. Rata-rata, jam waktu yang ada di bumi akan tertinggal satu detik setiap 300 juta tahun. Sedangkan jam atom dari Cina ini hanya tertinggal satu detik setiap 1 miliar tahun. Bagi masyarakat umum, selisih itu memang tidak terlalu bermasalah. Namun ada banyak bidang ilmu yang membutuhkan jam waktu dengan presisi yang tinggi.

Peralatan elektronik yang membutuhkan jam waktu presisi tinggi biasanya dijumpai pada bidang ilmu fisika serta geologi. Seorang ilmuwan yang terlibat dalam program CACS, Profesor Xu Zhen mengungkapkan kalau jam atom pertama dunia ini mempunyai manfaat yang penting, baik untuk keperluan militer ataupun sipil. Secara khusus, bagi Cina, jam ini diharapkan bisa membantu mereka untuk mengembangkan teknologi GPS yang mereka miliki.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here