Mendengar kata malware mungkin tidak asing di telinga kita, malware sangat menganggu kinerja perangkat yang terinfeksi oleh malware tersebut, bahkan bisa melumpuhkan kinerja sistem suatu perangkat secara keseluruhan. Namun bagaimana jika perusaahan besar sekelas Yahoo terinfeksi malware?

Yahoo-Ad-Solutions
Yahoo advertising yang sebelumnya disisipi oleh malware dan masih belum diketahui jumlah pengguna yang terinfeksi

Ya, baru-baru ini perusahaan raksasa tersebut terinfeksi sebuah malware yang menyalahgunakan jaringan iklan yang dimiliki Yahoo sendiri pada situs ads.yahoo.com. Dilansir dari PCMag, seorang senior peneliti keamanan dari Malwarebytes, Jérôme Segura merilis detail serangan dalam skala besar tersebut dan menyebutnya dengan “malvertising”.

Serangan ini bermula dari tanggal 28 Juli lalu, di mana iklan yang dipasang oleh para penerbit disisipi oleh serangkaian kode yang berbahaya yang mengarahkan para pengaksesnya ke sebuah server yang tidak aman dan bisa saja melumpuhkan perangkat para pengaksesnya. Segura menambahkan bahwa “malvertising” ini merupakan pembunuh yang diam-diam merusak perangkat yang terinfeksi tanpa harus berinteraksi dengan para pengguna perangkat guna melancarkan eksekusi kode-kode berbahaya tersebut.

Cara kerja malware ini tergolong simpel, malware ini memanfaatkan versi Adobe Flash yang telah kadaluarsa sehingga kode berbahaya tersebut berjalan melalui Adobe Flash yang telah kadaluarsa dan hak akses komputer diambil alih oleh para hacker guna mengarahkan akses internet ke situs yang membuat hacker tersebut dibayar akan trafik yang telah didapat.

Pihak Yahoo sendiri telah mengeluarkan pernyataan bahwa saat ini Yahoo tengah menyelediki isu tersebut dan telah memblokir pengiklan yang telah disisipi kode berbahaya tersebut. Namun pihak Yahoo sendiri enggan mengatakan berapa banyak penguna yang telah terinfeksi oleh malware ini. Segura sendiri juga menambahkan, bahwa ini juga merupakan salah satu alasan mengapa perusahaan perlu bekerjasama dengan perusahaan lain seperti perusahaan keamanan agar kejadian ini bisa ditangani dengan cepat dan tidak terjadi lagi dilain waktu.

Via: PCMag

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here