You are currently viewing Wah, Smartphone Low End Windows 10 Mobile Tidak Mendukung Fitur Terbaru

Wah, Smartphone Low End Windows 10 Mobile Tidak Mendukung Fitur Terbaru

Di tengah ramainya pasar smartphone yang terus bermunculan, membuat masing-masing produsen menciptakan berbagai inovasi dan menanamkan berbagai fitur ke smartphone terbaru buatan masing-masing. Namun hal ini ternyata tidak berlaku untuk produk smartphone dari Microsoft.

Microsoft sendiri kabaranya tengah mempersiapkan Windows 10 Mobile untuk jajaran perangkat smartphone terbaru mereka. Salah satu fitur utama dari Windows 10 Mobile ini dibandingkan dengan seri pendahulunya adalah, tersedianya asisten digital milik Microsoft sendiri, Cortana, kemudian penguncian smartphone dengan fitur pemindai wajah, Windows Hello, serta Continuum atau fitur yang dapat menjadikan smartphone berbasis Windows 10 Mobile ini dapat berubah tampilan menjadi layaknya Windows 10 pada perangkat notebook atau komputer, dengan menghubungkan smartphone tersebut dengan mouse, keyboard, dan layar.

win10mob_cat

Namun, dilansir dari Liliputing, Sabtu (26/9/2015), ternyata tidak semua perangkat yang berbasis Windows 10 Mobile ini dapat menjalankan semua fitur terbaru tersebut. Pihak Microsoft pun membenarkan dengan memberikan pernyataan bahwa yang dapat menikmati semua fitur terbaru dari Windows 10 Mobile tersebut adalah, perangkat yang diberi label “Premium Phone”.

Untuk kategorinya sendiri, Microsoft membaginya menjadi 3, yang pertama “Value Phone”, yakni smartphone yang memiliki spesifikasi kira-kira seperti, layar yang berukuran antara 3.5 hingga 5 inci dengan resolusi seluas 800×480 hingga 960×540, hanya memiliki RAM sebesar 1GB dan kapasitas penyimpanan sebanyak 8GB, kamera yang tertanam sebesar 5 megapiksel untuk bagian belakang dan VGA untuk kamera depan, serta memiliki kapasitas baterai sekitar 1.400mAh.

Sedangkan yang kedua adalah kategori “Value Phablet”, yang mana memiliki rentang spesifikasi seperti, layar berukuran 5.5 hingga 7 inci dengan resolusi 1280×720 atau lebih, RAM sebesar 2GB dengan kapasitas memori internal 16GB, kamera belakang dengan kekuatan 5 megapiksel dilengkapi dengan kamera depan dengan resolusi VGA, dan kapasitas baterai minimal sebesar 3.000mAh.

lumia

Yang terakhir adalah “Premium Phone”, dari namanya saja sudah bisa ditebak, kategori ini adalah kategori yang serba high end seperti smartphone terbaru Microsoft yang sedang ramai dibicarakan, Lumia 950 dan Lumia 950XL. Untuk smartphone yang masuk kategori ini adalah smartphone dengan luas layar mulai dari 4.5 hingga 5.5 inci yang memiliki resolusi resolusi Full HD 1920×1080 atau di atasnya, RAM sebesar 2GB hingga 4GB, kapasitas penyimpanan internalnya sebesar 32GB hingga 64GB, berbekal dengan kamera belakang setidaknya sebesar 20 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel, dan kapasitas baterai sebesar 2.500mAh.

Mungkin bisa dibilang tidak adil, atau Microsoft terkesan setengah hati untuk para penikmat smartphone yang berada di kategori “Value Phone”. Bisa saja ini menjadi senjata makan tuan bagi Microsoft karena sistem operasi terbaru ini cukup menarik perhatian para konsumen. Biasanya para konsumen ingin dapat mencicipi sesuatu yang baru, namun tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

(ND/Lilputing)

Nandana Dwitiya

Seorang penulis yang selalu tertarik dan kagum dengan perkembangan teknologi (terutama perkembangan hardware komputer). Pengguna perangkat iPhone 5s yang masih setia di iOS 9.0.2 karena bisa di Jailbreak (hahaha). Penggemar game dengan genre RPG dan FPS, saat ini lebih tertarik bermain game pada perangkat komputer dan smartphone. Hobi bersepeda santai dan bermain airsoft gun dengan unit M4

Leave a Reply