windows 7 pensiun

 

Habis manis sepah dibuang. Ungkapan tersebut barangkali akan dilontarkan “si Windows 7” bila dirinya bisa bicara.

Ya, ‘mentang-mentang’ sudah ada Windows 10, laman Microsoft TechNet justru memberi peringatan bahwa Windows 7 sudah terlalu tua dan telah memasuki fase akhir siklus hidupnya. Pengguna Windows 7 disarankan mulai berpikir untuk beralih ke Windows 10 yang lebih update. (technet.microsoft.com 16/1/17)

Walaupun begitu, pastinya pengguna setia Operating System (OS) terpopuler di dunia ini akan tetap sedih. Bagaimana tidak? Pertama kali rilis pada Oktober 2009, OS ini telah 7 tahun berkuasa memimpin pangsa pasar OS (bahkan mengalahkan saudaranya Windows 8/8.1 yang hanya 4 tahun bertahan).

Jadi, apa alasan Microsoft harus membuat Windows 7 “pensiun” beberapa waktu ke depan?

windows 7 pensiun

Windows 7 Berbahaya!

Sebuah pernyataan mencengangkan keluar dari Microsoft. Windows 7, OS yang melambungkan nama Microsoft kini diklaim berbahaya, sebab rentan terkena malware dan serangan cyber.

Seperti diungkapkan Kepala produk Windows di Microsoft Germany, Markus Nitschke, “Kini, Windows 7 sudah tidak lagi memenuhi syarat teknologi moderen, dan tidak dapat lagi dibilang berkeamanan tinggi oleh departemen IT.”

Diungkapkan pula fakta bahwa 51 persen perusahaan di Jerman yang menggunakan Windows 7, sudah pernah terkena serangan cyber.

Dukungan Driver Berhenti

Setelah tahun ini, dukungan hardware untuk Windows 7 akan mulai berhenti. Bahkan untuk perangkat umum seperti printer sekalipun. Hal ini akan membuat pengguna kesulitan dalam hal pribadi maupun pekerjaan bila tidak segera beralih ke Windows 10.

Bahkan kabarnya Microsoft sengaja membuat agar Windows 7 tidak bisa kompatibel dengan chipset di Laptop dan Notebook keluaran baru seperti AMD, Intel ataupun Qualcomm. Microsoft membuat strategi dengan paket bundle antara Laptop dan Notebook keluaran baru yang telah terinstall Windows 10. Microsoft juga telah menghentikan penjualan retail OS Windows.

Alhasil, dengan strategi tersebut, terjualnya OS Windows asli atau Genuine akan meningkat. Pintar bukan?

windows 7 support

Memaksa User Beralih

Dengan pendapat para pakar Microsoft dari Jerman tersebut, Microsoft justru terlihat seakan-akan menakut-nakuti dan memaksa pengguna Windows 7 untuk beralih ke Windows 10. Padahal hingga kini, Windows 7 masih menjadi OS paling banyak digunakan di komputer seluruh dunia.

Kita tunggu tanggapan dari netizen terkait Pensiunnya Windows 7. Tapi yang pasti, sebenarnya Windows 7 masih punya waktu dukungan perpanjangan dari Microsoft sampai 2020 seperti dilansir support.microsoft.com lewat gambar di atas.

Pada akhirnya, keputusan ada di tangan sahabat BeritaTeknologi yang masih menggunakan Windows 7. Mau beralih ke Windows 10 atau masih setia sampai tiga tahun lagi?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here