Keberadaan teknologi wireless charging saat ini sudah sangat banyak bisa dijumpai pada berbagai ponsel. Namun kemampuan wireless charging tersebut terbatas pada jarak yang sangat dekat. Ponsel ataupun tablet pun harus ditempatkan tepat di atas plat pengisian.

wattup_1

Namun sebuah teknologi yang lebih aplikatif digunakan oleh perusahaan bernama Energous. Mereka telah membuat teknologi charger wireless bernama WattUp yang mampu mengisi baterai smartphone ataupun berbagai jenis gadget lainnya secara wireless dengan jarak hingga 4 meter.

Pengisian baterai secara wireless pada teknologi WattUp ini dilakukan dengan memanfaatkan frekuensi radio. WattUp ini juga menggunakan Bluetooth sebagai sarana untuk mendeteksi keberadaan perangkat dalam lingkup area di sekitar charger. Dan kalau tidak ada perangkat di sekitarnya, atau ada gadget namun baterainya tak perlu diisi, maka WattUp ini pun tidak akan melakukan upaya pengisian baterai.

wattup_2

Energous hanya mendesain standar teknologi WattUp. Mereka pun tidak berniat untuk membangun charger wireless WattUp yang dipasarkan untuk umum. Namun mereka memilih untuk membangun kerjasama dengan perusahaan lain yang nantinya mengaplikasikan teknologi WattUp.

Produk pertama charger wireless WattUp ini pun kini tengah dalam proses sertifikasi. Bentuknya mirip dengan modem USB, dan cara penggunaannya pun mudah. Tinggal dicolokkan pada port USB di komputer ataupun colokan listrik, lalu charger ini pun akan mulai mengirimkan energi secara wireless ke receiver.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here