Mendengarkan siaran radio saat melakukan perjalanan antar kota yang berjauhan seringkali terhambat dengan keberadaan jangkauan transmisi siaran radio itu sendiri. Namun seiring perkembangan teknologi komputasi berbasis cloud, baru-baru ini telah hadir sebuah aplikasi streaming radio we7 yang memungkinkan penggunanya bisa mendengarkan siaran radio favoritnya bahkan ketika si pengguna berada di luar jangkauan sekalipun.

we7 pada aplikasi ini berasal dari nama perusahaan pembuatnya yang telah menyediakan layanan streaming Internet Radio Plus berbasis cloud yang populer di Inggris. Saat ini layanan tersebut telah diakses lebih dari 3 juta pelanggan bulanan di Inggris. Dan mereka bisa mendengarkan musik yang diinginkannya dengan menciptakan stasiun radio pribadi serta membuat permintaan khusus bagi lagu-lagu, album-album ataupun artis-artis favoritnya. Aplikasi mobile radio yang baru saja diperkenalkan tersebut memungkinkan para penggunanya bisa menciptakan stasiun radio pribadinya sendiri yang dapat dijalankan dimana dan kapan saja.

Menurut perusahaan pembuatnya, para pengguna akan dapat mendengarkan stasiun radio favoritnya saat berada di luar jangkauan berkat mekanisme buffering dan caching yang inovatif. Bahkan tanpa koneksi konstan ke jaringan GSM, pemutaran tidak akan terganggu. Dan hebatnya lagi, aplikasi ini melakukan transfer data bertarif murah ke para pengguna PAYG (Pay-as-You-Go).

Steve Purdham yang kini menjabat sebagai CEO di perusahaan we7, menjelaskan bahwa pada dasarnya sinyal perangkat mobile yang ada tidak akan bisa diandalkan untuk melakukan streaming radio. Namun dengan aplikasi we7 terbaru ini Anda masih bisa melakukan streaming radio meski Anda kehilangan transmisi siaran radio favorit Anda dengan tanpa koneksi sekalipun.

Kabarnya aplikasi radio we7 berbasis Android ini akan tersedia pada bulan Maret 2011 ini juga. Dan aplikasi yang untuk pertama kalinya dirilis dalam versi Beta ini akan menawarkan layanan radio bebas iklan secara gratis.

Para pengguna yang ingin bisa memilih lagu, album dan playlist sendiri, dapat beralih ke layanan berlangganan yang tersedia dengan tarif 9,99 GBP atau sekitar 140 ribuan per bulannya. Aplikasi radio we7 ini akan tersedia di Android Marketplace yang bisa didownload secara gratis. Dan bahkan pada bulan April 2011 mendatang juga akan tersedia versi aplikasi untuk platform iPhone, iPad dan iTouch. Sedangkan bagi Anda pengguna perangkat Blackberry dan Windows Phone 7 harap bersabar dan tak perlu berkecil hati, pasalnya aplikasi versi ini kabarnya juga baru akan tersedia pada akhir tahun 2011 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here