Merasa punya HDD dengan kapasitas yang minim? Bagaimana kalau memakai HDD berkapasitas 10TB? Western Digital melalui salah satu anak perusahaannya, yakni HGST baru saja memunculkan produk terbarunya, yakni sebuah HDD terbaru dengan kapasitas sebesar 10TB.

HDD berkapasitas raksasa 10TB tersebut mempunyai nama 10TB SMR HelioSeal HDD. Sayangnya, HDD ini tak bisa dihadirkan untuk semua penggguna komputer. Pihak HGST memutuskan untuk menjual produk HDD terbarunya ini untuk segmen enterprise.

HDD 10TB

HDD ini menggunakan teknolgoi Shingled Magnetic Recording (SMR) yang memungkinkannya untuk bisa menyimpan lebih banyak data dengan dimensi yang tak terlalu besar. Selain itu, disk yang digunakan pada HDD ini juga disegel dan ditutup dengan menggunakan gas helium. Hal ini pun bisa mengurangi friksi head pada saat pembacaan atau penulisan data.

Belum ada pengumuman mengenai harga jual dari HDD ini. Namun paling tidak, dengan keberadaan HDD tersebut, maka dalam beberapa tahun mendatang, produk serupa pun bakal bisa dijumpai untuk segmen umum.

via Fudzilla

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here