Saat ini SSD kerap digunakan dalam perangkat high end karena memiliki efisiensi dalam hal kecepatan ataupun ukuran. Namun sayangnya, SSD yang ada di pasaran saat ini memiliki kapasitas yang kalah jauh jika dibandingkan dengan HDD. Namun bagaimana jika konsumen bisa memperoleh keduanya, yakni HDD dan SSD dalam satu drive?

Jawabannya adalah WD Black2, sebuah drive hibrid yang baru saja diperkenalkan oleh Western Digital. Produk drive terbaru ini mengkombinasikan antara SSD sebesar 120GB dengan HDD 5400rpm berkapasitas 1TB. Drive 2.5 inci ini pun memiliki ukuran yang tak terlalu tebal, yakni 9.5 milimeter.

Namun dengan keunikan yang dimilikinya, WD Black2 ini tentunya tidak dijual dengan harga yang murah. Pihak Western Digital menawarkan Black2 dengan harga mulai dari 299 USD atau sekitar 3.5 juta rupiah. Namun dengan harga yang pantas itu, konsumen bisa memperoleh dua jenis drive dalam satu alat penyimpanan.

Menariknya lagi, Black2 ini juga mendukung sistem operasi mulai dari Windows XP. Sayangnya, perangkat ini tak dilengkapi dengan dukungan terhadap OS X.

via Pocket-lint

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here