Western Digital Umumkan Hard Drive Pertama Di Dunia Berkapasitas 14TB

Western Digital Umumkan Hard Drive Pertama Di Dunia Berkapasitas 14TB

Perkembangan teknologi yang sangat signifikan beberapa tahun terakhir membuat kapasitas memori bisa meningkat secara drastis. Selain itu, penurunan harga dan kemajuan teknologi membuat para produsen memori mengembangkan hard drive dengan kapasitas raksasa. Baru-baru ini Western Digital mengumumkan memori baru pertama di dunia berkapasitas 14TB.

Ini bukan kombinasi dari beberapa hard drive, melainkan hard drive tunggal berkapasitas 14TB yang disebut HGST (Hitachi Global Storage Technologies) Ultrastar Hs14. Perusahaan mengatakan jika hard drive 14TB ini jauh lebih cepat dan efisien dibandingkan hard drive 12TB yang dirilis tahun lalu.

Mirip dengan piringan drive berkapasitas sangat tinggi lainnya, HGST Ultrastar Hs14 diisi dengan helium. Ini penting untuk drive yang memiliki bagian yang bergerak, dalam hal ini helium akan memastikan bahwa tidak ada hambatan pada piringan drive yang berputar 7200 RPM ini.

Western Digital mampu mencapai tingkat kapasitas penyimpanan yang sangat besar ini dengan menggunakan Shingled Magnetic Recording pada delapan piringan. Trek drive saling tumpang tindih satu sama lain yang akan menghasilkan kepadatan areal yang lebih besar. Hal ini juga memungkinkan efisiensi daya lebih besar, dimana perusahaan mengklaim hard drive ini mengonsumsi daya 5.2W saat idle dan 6.2W selama beroperasi.

Hard drive Ultastar Hs14 tersedia dalam konfigurasi SATA dan SAS, dimana ini dirancang untuk berjalan sekitar 2,5 juta jam. Jadi ini adalah pilihan hard drive yang tepat untuk penggunaan perusahaan dan server. Namun karena kapasitasnya yang besar, wajar bila harga jual hard drive ini cukup mahal, dan karena ini adalah perangkat yang dikelola oleh host, jadi itu tidak benar-benar ditujukan untuk konsumen umum.

Namun, beberapa teknologi yang diperkenalkan Western Digital pada hard drive Hs14 nantinya bakal diwariskan pada hard drive untuk konsumen rata-rata dalam beberapa tahun mendatang.

NO COMMENTS

Leave a Reply