Symbian sempat berjaya beberapa tahun yang lalu bersama Nokia dan brand lain, di mana saat itu ponsel dengan OS Symbian sangat mendominasi pasar ponsel. Namun sejak munculnya Android dan iOS, Symbian mulai redup dan ditinggalkan oleh produsen ponsel. Berbagai aplikasi dan layanan di platform ini pun semakin berkurang, salah satunya WhatsApp.

whatsapp-logo

Meski saat ini tidak banyak pengguna ponsel yang menggunakan perangkat Symbian untuk menjalankan aplikasi WhatsApp, namun perlu dicatat bahwa setelah tanggal 31 Desember 2016, aplikasi WhatsApp untuk Symbian tidak akan berkerja lagi. Tentu dengan matinya layanan ini, pengguna tidak akan lagi dapat mengirim atau menerima pesan WhatsApp pada perangkat Symbian mereka.

Informasi ini didapatkan dari WhatsApp yang mengatakan, “Sayangnya, Anda tidak akan dapat menggunakan WhatsApp setelah 31/12/2016 karena WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Anda.”

Sebelum muncul pemberitahuan ini, WhatsApp sudah memberikan isyarat kepada pengguna Symbian bahwa pada tahun 2017 aplikasi WhatsApp tidak akan didukung lagi oleh perusahaan. Dan akhirnya kita mendapatkan tanggal tersebut, di mana WhatsApp untuk Symbian hanya bisa dinikmati hingga akhir tahun 2016 ini.

Tentu saja ini bukan sebuah kejutan besar, mengingat bahwa mayoritas ponsel saat ini berjalan di platform iOS dan Android. Secara finansial, dukungan WhatsApp kepada platform Symbian juga tidak memberikan keuntungan, jadi sudah sewajarnya bila mereka lebih fokus pada pasar yang potensial seperti Android dan iOS. Bagi Anda yang masih menggunakan WhatsApp di perangkat Symbian, harus mempertimbangkan untuk upgrade ponsel dengan platform yang didukung WhatsApp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here