Popularitas smartphone dan tablet tak hanya memberikan dampak negatif pada penjualan notebook. Terdapat produk elektronik lain yang terkena dampak dari meningkatnya popularitas smartphone dan tablet. Perangkat yang dimaksud itu adalah modem USB.

Menurut laporan dari Strategy Analytics, tingkat penjualan modem USB saat ini terus mengalami penurunan, bahkan hingga mencapai angka 50 persen terhitung sejak tahun 2010. Dan pada tahun ini, angka penjualan modem USB pun diperkirakan menurun sebesar 24 persen.

modem usb

Alasan penurunan tingkat penjualan modem USB ini tak lain adalah karena meningkatnya popularitas smartphone. Pengguna ponsel pintar pun lebih memilih untuk melakukan tethering WiFi dibandingkan membeli perangkat lain untuk bisa membuat perangkat notebook terhubung dengan internet.

Tak hanya itu, usia perangkat modem USB yang cukup awet pun menjadi alasan lain kenapa tingkat penjualannya tak mengalami peningkatan. Ditambah lagi, saat ini banyak terdapat hotspot WiFi gratis yang tersebar di berbagai tempat. Bahkan baru-baru ini, New York dikabarkan siap mengubah 10 ribu ponsel umum menjadi hotspot WiFi.

via Slashgear

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here