Produsen asal Inggris Wileyfox, baru-baru ini meluncurkan produk smartphone pertama mereka yang mengusung OS Cyanogen sebagai sistem operasi bawaan. Perusahaan ini memang masih asing di Indonesia, lantaran perusahaan ini juga tergolong pendatang baru, namun di Inggris, Wileyfox cukup terkenal dikalangan masyarakat karena namanya yang unik dan harga yang ditawarkan cukup menggoda.

Wiley Swift

Tahun 2015 memang banyak sekali produk smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga yang relatif murah. Sebut saja merek seperti Xiaomi, Infinix, OnePlus yang memiliki jagoan masing-masing dengan mengandalkan spesifikasi dan harga yang bersaing.

Pada peluncurannya kali ini Wileyfox meluncurkan dua smartphone, yaitu Swift dan Storm. Perusahaan ini mengandalkan nama yang unik, spesifikasi yang diusung, harga yang bersaing, dan tentunya OS yang memiliki sentuhan berbeda.

Spesifikasi yang di usung Wileyfox Swift cukup bersaing, yakni mengusung layar IPS seluas 5 inci dengan resolui HD dan tentunya telah dilapisi Gorilla Glass 3. Layarnya juga telah mendukung multitouch hingga 10 sentuhan dan mendukung mode sarung tangan.

Wileyfox Swift 5"
Wileyfox Swift

Pada sektor dapur pacu, Swift mengusung Qualcomm Snapdragon 410 yang memiliki prosesor 64-bit quad-core 1.2GHz dan GPU Adreno 306 sebagai pengolah grafisnya. Ditambah dengan dukungan kapasitas memori RAM sebesar 2GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB yang masih dapat diekspasnsi dengan micro SD hingga 32GB.

Bergeser pada sesi fotografinya, Siwft telah dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 13MP Samsung S5K3M2 yang dilengkapi dengan dual LED flash. Tak ketinggalan pula fitur-fitur umum seperti mode HDR, touch to focus, face detection, dan lain-lain. Untuk merekam video, Swift dapat merekam video dengan resolusi 1080p 60 fps yang mendukung mode slow motion capture, dan high speed capture. Pada bagian depan terdapat kamera berkekuatan 5MP untuk menunjang foto selfie pengguna tentunya dengan fitur-fitur yang disediakan.

Ponsel berbobot 135 gram ini telah mendukung dual sim dan tentunya jaringan 4G LTE. Untuk menopang semua fungsi, smartphone ini memiliki kapasitas baterai sebesar 2500mAh. Smartphone ini memiliki body yang terbuat dari plastik, namun Wilefox membuatnya terlihat lebih berkelas. Tak ketinggalan logo Wileyfox yang berada di bagian belakang.

Selanjutnya saudaranya yang memiliki spesifikasi lebih tinggi yaitu, Storm. Ponsel ini memiliki layar yang sedikit lebih besar dari saudaranya yaitu IPS 5.5 inci dengan resolusi full HD 1920×1080 piksel (400 ppi). Berbeda dengan saudaranya, layar Storm hanya mendukung 5 sentuhan saja.

Wileyfox Storm
Wileyfox Storm

Selanjutnya bergeser ke sektor hardware, Storm memiliki keunggulan dari saudaranya yakni telah membenamkan Qualcomm Snapdragon 615 dengan prosesor 64-bit octa core 1.5 GHz dan GPU Adreno 405. Untuk kapasitas memorinya juga lebih besar yakni 3GB untuk RAM dan 32 GB untuk ROM, tentunya masih bisa diekspansi dengan menggunakan micro SD.

Untuk kamera, Storm memiliki kamera belakang berkekuatan 20MP Sony EXMOR IMX220 BSI yang dapat menangkap gambar dengan hasil yang tak bisa diremehkan. Terdapat pula LED flash dan fitur-fitur kamera seperti pada kamera Swift. Yang berbeda dari Strom adalah, adanya kamera depan berkekuatan 8MP dengan dukungan LED flash yang saat ini cukup populer.

Wileyfox Storm juga telah medukung dual SIM, namun yang berbeda dengan saudaranya Swift, Anda harus merelakan SIM kedua jika ingin menggunakan micro SD, pasalnya slot untuk SIM dua menjadi satu dengan micro SD. Dan yang hal yang berbeda lainnya adalah, baterai yang disusung Storm tidak bisa dilepas atau mengusung unibody. Kapasitas baterainya pun sama dengan baterai Swift yakni 2500 mAh.

Swift and Storm

Untuk kedua smartphone ini akan sama-sama mengusung OS Cyanogen yang berbasiskan Android Lollipop 5.1. Harga yang dibanderol smartphone Wileyfox ini cukup bersaing, yakni GBP 129 atau sekitar 2,8 juta Rupiah untuk Swift, dan GBP 199 atau sekitar 4,4 juta Rupiah untuk Storm. Kedua smartphone ini dibuka pre-ordernya pada minggu ini dan akan tiba pada bulan September untuk Swift dan disusul Storm pada bulan Oktober. Penjualan hanya bisa melalui online saja dan ditujukan untuk pasar smartphone Inggris dan Eropa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here