Sudah setengah tahun lamanya Microsoft merilis sistem operasi terbarunya, Windows 10. Bahkan kabarnya sistem operasi ini telah dipasang lebih dari 100 juta perangkat komputer dan laptop. Dengan membawa fitur salah satunya adalah NVMe yang mana fitur ini dapat mengoptimalkan kinerja SSD yang memiliki NVMe controller (biasanya pada SSD dengan soket PCIe). Namun fitur ini hanya dapat dinikmati apabila kita menggunakan prosesor terbaru dari Intel Skylake.

intel-windows-10

Tidak hanya itu, ada beberapa fitur lain yang mewajibkan kita sebagai pengguna wajib memasang Windows 10 bila ingin performa yang maksimal. Seperti yang dikutip dari blog resmi milik Windows, Senin (18/1/2016), disebutkan bahwa prosesor terbaru seperti Intel Kaby Lake, AMD Bristol Ridge, dan SoC Qualcomm 8996 tidak akan mendukung sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.1.

Kita tahu umur dari sistem operasi Windows 7 sendiri rilis pada tahun 2009 yang mana artinya hampir 7 tahun menemani dengan setia para penggunanya. Sedangkan Windows 8.1 dirilis belum lama, yaitu tahun 2014 lalu. Tapi sepertinya, Microsoft cenderung memprioritaskan sistem operasi terbaru mereka, agar para pengguna prosesor anyar dapat lebih maksimal dalam menggunakan fitur terbaru.

Meskipun begitu saat ini masih belum ada masalah bila prosesor Intel Skylake ini menggunakan sistem operasi yang bukan Windows 10, kita tahu bahwa salah satu fitur dari Intel, Speed Shift Technology ini dirancang khusus untuk Windows 10, yang mana fitur ini menjadikan prosesor bekerja lebih cepat. Bahkan dengan menggunakan prosesor Intel Skylake dan Windows 10, kualitas grafis yang dihasilkan 30x lipat lebih baik dibandingkan pada sistem operasi Windows 7.

Sudah siapkah memakai Windows 10?

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here