Bagi mereka yang memiliki fungsi indra yang normal, tentu mengoperasikan komputer menggunakan mouse dan keyboard bukan menjadi masalah. Namun bagi mereka yang mengalami kecelakaan atau terlahir dengan kekurangan indra, tentu sulit bagi mereka untuk mengoperasikan komputer. Agar memudahkan mereka dalam mengoperasikan komputer, Microsoft telah menambahkan fitur aksesbilitas yang dibangun secara bawaan pada OS Windows.

(kredit: YouTube)

Meski telah memiliki beberapa fitur aksesbilitas, namun tampaknya Microsoft ingin menambahkan lagi fitur baru ke OS Windows 10, yakni membangun fitur eye-tracking. Fitur tersebut bernama Eye Control yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi Windows 10 dengan arah pandangan mata mereka. Dengan begitu, pengguna dapat membuka aplikasi, mengetik dan melakukan berbagai tugas hanya dengan memfokuskan pandangan mata mereka pada hal apa pun yang ada di layar.

Untuk menghadirkan fitur tersebut, Microsoft menggandeng perusahaan yang terkenal dan berpengalaman dalam menciptakan hardware eye-tracking, yakni Tobii. Perusahaan ini bahkan pernah membuat perangkat milik mereka sendiri untuk membuat hardware eye-tracking yang digunakan dalam berbagai macam keperluan, salah satunya untuk gaming.

Dikutip dari Ubergizno, menurut Jake Cohen yang menjabat sebagai Program Manager di tim Windows Interaction Platform mengatakan, “Ketika saya mendengar tentang tim Ability Eye Gaze dan apa yang mereka ciptakan, itu super menarik untuk berpikir tentang kemungkinan apa yang bisa dilakukan berikutnya, dan itu benar-benar membuat perbedaan dramatis untuk saya ketika kita mulai bertemu dengan orang-orang yang hidup dengan ALS (amyotrophic lateral sclerosis).”

ALS sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang tergolong dalam penyakit saraf motor atau Motor Neuron Disease, sehingga membuat seseorang tidak bisa menggerakkan anggota tubuhnya. Cohen sendiri memahami semua tantangan yang dialami mereka setiap harinya. Untuk mengubah hidup mereka yang hidup dengan ALS, tim tersebut melalukan pekerjaan besar, salah satunya membangun fitur Eye Control pada Windows 10.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here