Beberapa hari yang lalu Microsoft telah resmi menggulirkan Windows 10 Fall Creators Update, dimana paket tersebut membawa sejumlah fitur-fitur baru. Salah satu fitur yang mereka hadirkan adalah fitur anti-cheat untuk game, dimana fitur ini dapat dimanfaatkan oleh para pengembang game.

Pengembang game PC dapat menggunakan fitur ini untuk mencegah kecurangan dalam judul game yang mereka buat. Fitur itu disebut TruePlay, pertama kali disebutkan dalam Windows 10 Insider Build selama musim panas tahun ini. Namun Microsoft tidak benar-benar mengungkapkan banyak rincian mengenai fitur tersebut saat itu.

Fitur TruePlay sendiri mampu berjalan sebagai proses yang dilindungi, yang berarti bahwa itu mampu memantau sesi game untuk manipulasi yang biasa digunakan oleh cheater. Fitur ini dapat membuat peringatan dan dapat berbagi informasi dengan pengembang ketika mendeteksi adanya perilaku kecurangan.

Selain itu, Microsoft telah menambahkan bahwa terserah kepada para pengembang jika mereka ingin mengecualikan beberapa bagian dari game yang tak ingin dipantau. Hal ini menunjukkan bahwa fitur ini berarti akan lebih mencegah kecurangan dalam mode online dan tidak akan membatasi pemain dari tindakan yang sama ketika dalam mode single-player.

Pengguna memiliki pilihan untuk mematikan fitur ini pada tingkat sistem, namun jika mereka melakukannya maka itu akan mencegah mereka untuk memainkan bagian dari game yang membuatnya harus mengaktifkan fitur TruePlay. Namun untuk saat ini fitur tersebut masih dimatikan secara default.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here