prosentaseOS windows

Perlahan tapi pasti, Windows 10 mulai percaya diri memasuki tahapan baru. Dimana pada bulan Januari 2017, sudah seperempat pangsa pasar pengguna komputer di dunia dipegang oleh Windows 10.

Menurut data pengguna Operating Sistem (OS) di PC yang diambil dari NetMarketShare, pangsa pasar kenaikan user Windows 10 sebanding dengan penurunan user Windows 7. Tahun lalu, baru 24,36 persen orang menggunakan Windows 10. Sedangkan Windows 7, masih di angka 48,34 persen.

Tetapi kini, Windows 10 naik menjadi 25,3 persen sedangkan Windows 7 turun menjadi 47,2 persen. Artinya, kemungkinan dalam satu bulan saja, sudah ada sekitar satu persen pengguna Windows 7 atau pengguna OS lain yang beralih ke Windows 10.

Masih Memegang Target

Kita masih ingat bahwa pertama kali meluncurkan Windows 10, Microsoft memasang target satu miliar orang pada 2018 nantinya akan menggunakan perangkat Windows 10. Inilah yang sedang diusahakan Microsoft dengan menggeser posisi Windows 7, Windows 8/8.1, bahkan Windows XP di perangkat dekstop PC.

Menurut estimasi perhitungan Neowin, hanya dengan menguasai 65 persen pasar OS dekstop PC saja, maka target “1 miliar perangkat” bisa tercapai oleh Windows 10. Ya, lewat PC, itulah usaha paling realistis yang bisa dilakukan. Sebab kita tahu sendiri, betapa mindernya Windows 10 bila kita berbicara masalah smartphone.

windows 10 smartphone Januari 2017

Sampai sekarang baru 0,39 persen saja yang menggunakan Windows 10 di smartphone mereka. Alhasil, kita tunggu saja bagaimana manuver utama Microsoft di beberapa bulan mendatang. Apakah ingin memaksa pengguna Windows lawas untuk update? Apakah dengan meluncurkan Windows 10 Cloud? Ah, tak usah terlalu dipikirkan. Cukup lihat dan tunggu saja kabar terbarunya nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here