Berdasarkan laporan terbaru dari IDC, sistem operasi mobile terbaru yang diluncurkan Microsoft pada perangkat pada Oktober tahun lalu yaitu Windows Phone, kabarnya diperkirakan bakal menjadi platform kedua yang mendominasi pasaran smartphone pada tahun 2015. Entah ini benar atau tidak, namun yang pasti berbagai kalangan tampaknya telah memperkirakan demikian hal tersebut.

Keberadaan Windows Phone tampaknya hanya akan mendominasi sebagian kecil dari pasaran mobile di tahun 2011 ini. Pasalnya di pasaran saat ini hanya ada beberapa model ponsel saja yang muncul dengan dukungan platform kebesaran Microsoft tersebut  sejauh ini. Sedangkan perubahan besarnya sendiri diperkirakan baru akan terjadi di tahun 2012 mendatang seiring Nokia yang bakal jor-joran menggelontorkan berbagai model perangkat berbasis Windows Phone-nya ke pasaran.

Pasaran smartphone di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat secara signifikan dalam kurun waktu tertentu, dan mampu menembus lebih dari 982 juta perangkat pada akhir 2015 yang akan datang.

Android diperkirakan masih akan merajai nomor satu dan mendominasi pasaran perangkat mobile pada kurun waktu itu, diikuti oleh Windows Phone pada posisi kedua, dan iOS pada urutan ketiga. Keberadaan platform kebesaran Google tersebut tampaknya masih akan menjadi platform nomor satu sebelum akhir tahun 2011 ini.

Selama tahun ini saja, pasaran smartphone bakal meningkatkan 55 persen per tahunnya, dan mencapai 472 juta perangkat. Sedangkan pada tahun lalu saja, berbagai vendor telah memasarkan hanya sekitar 305 juta unit saja di seluruh dunia. Dan untuk pasaran smartphone diperkirakan baru akan meningkat empat kali lebih cepat dari pasaran ponsel secara keseluruhan selama tahun berjalan ini.

Menurut IDC sendiri, pertumbuhan yang cepat akan didorong oleh harga jual yang lebih rendah, adanya peningkatan fungsionalitas pada perangkat, dan ketersediaan data plan berbiaya lebih rendah. Dan semua itu kabarnya bisa membuat handset lebih mudah diakses ke beberapa jenis penggunanya.

“Gerbang pasaran smartphone telah terbuka lebar”, kata Kevin Restivo, yang kini menjabat sebagai analis penelitian senior IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

“Para pengguna ponsel di seluruh dunia tengah terjadi pergeseran dalam  penggunaan  perangkat smartphonenya dari yang hanya berbicara dan sms-an saja kini mulai beranjak sebagai perangkat yang memungkinkan para penggunanya dapat melakukan tugas-tugas sehari-hari seperti belanja dan perbankan dari mana saja”.

“Tren pertumbuhan ini terungkap terutama di pasaran negara berkembang. Akibatnya, pertumbuhan di wilayah-wilayah seperti Asia / Pasifik dan Amerika Latin, akan terasa dramatis selama tahun-tahun mendatang”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here