Bukti kemajuan belanja online tampak ditunjukkan dengan keberhasilan situs e-commerce terbesar di China yaitu Alibaba yang telah mencatatkan namanya sebagai penyedia belanja online yang dapat melakukan transaksi online paling banyak dalam sehari penuh yang setara dengan lebih dari $ 25,3 miliar penjualan melalui event tahunan Singles Day. Pencapaian yang meningkat secara signifikan ini disebut-sebut telah melampaui target penjualan online tahun lalu yang hanya berkisar $ 18 miliar.

Dominasi kuatnya mata uang Yuan China terhadap mata uang negara lain di pasaran dan semakin pesatnya pertumbuhan akses belanja online di China ditenggarai menjadi penyebab pencapaian tersebut. Maka tak salah kiranya kalau Joseph Tsai dari Alibaba pun tampak mengaitkan lonjakan ini untuk meningkatkan pendapatan perusahaan di antara lebih dari 300 juta pembeli kelas menengah di negara tirai bambu tersebut.

Promosi yang gencar telah memberi keberhasilan event penjualan tersebut. Awalnya Alibaba hanya menempatkan event tahunan Singles Day untuk mempromosikan hati yang kesepian bagi para jomblo-er, namun seiring berjalannya waktu dengan cepat berkembang menjadi event penjualan yang mencakup semua hal yang membuatnya mencapai keberhasilan sejauh ini. Bahkan demi memberi kesan tersendiri dalam event tersebut, pada tahun ini Alibaba bahkan sampai melibatkan para bintang terkemuka luar negeri seperti Nicole Kidman dan Pharrell Williams, disamping selebriti China Zhang Ziyi yang juga turut serta meriahkan perhelatan peluncuran event tersebut.

Alibaba dan para pesaingnya di China tampaknya tidak boleh lenggah dengan apa yang berkembang sejauh ini. Ketika muncul kekhawatiran kalau belanja online akan segera meningkat lebih pesat di masa yang akan datang, Alibaba pun tampak telah mengantisipasinya secara dini dengan keberhasilannya membuka 100.000 toko ritel ke pusat pembelian internet untuk menarik pembeli yang mungkin telah mengabaikan blitz online. Hal ini tentunya masih menyisakan potensi pertumbuhan yang signifikan karena kelas menengah China yang semakin tumbuh, dan mereka akan menghabiskan lebih banyak belanja online saat mereka merasa nyaman melakukannya tanpa harus keluar rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here