Wow! Kecepatan Jaringan 4G LTE Smartfren Mencapai 49Mbps

Wow! Kecepatan Jaringan 4G LTE Smartfren Mencapai 49Mbps

BeritaTeknologi.com

Smartfren saat ini telah meluncurkan smartphone Android 4G LTE miliknya. Di waktu yang bersamaan, ponsel-ponsel tersebut masih belum bisa memanfaatkan teknologi 4G LTE yang tersemat di dalamnya. Hal ini karena pihak Smartfren memang masih belum mempunyai jaringan 4G LTE di tanah air.

kredit: Detik
kredit: Detik

Salah satu provider telepon CDMA di tanah air itupun kini tengah melakukan pengujian jaringan 4G LTE di Bali. Hasilnya cukup fantastis! Dikutip dari Detik, pada beberapa titik tertentu kecepatan download di jaringan 4G LTE Smartfren bisa mencapai angka 49Mbps. Namun ada pula lokasi yang hanya mampu memperoleh kecepatan berkisar di angka 3Mbps.

Meski mempunyai kecepatan download yang tinggi, jaringan 4G LTE Smartfren sepertinya kurang cocok kalau dijadikan sarana untuk mengupload file berukuran besar. Dalam pengujian yang dilakukan ini, terlihat kalau kecepatan upload data di jaringan 4G LTE Smartfren mandek di angka 6Mbps.

Smartfren mempunyai alasan tersendiri kenapa selisih antara kecepatan download dan upload sangat tinggi. Tak lain karena mereka menggunakan teknologi 4G LTE TDD yang memang lebih difokuskan pada kecepatan download. Keuntungan lainnya, teknologi ini memungkinkan jaringan untuk mempunyai kapasitas jumlah pelanggan yang lebih banyak.

Sebagai tambahan, Smartfren juga menggunakan teknologi 4G LTE FDD yang mempunyai kelebihan pada cakupan wilayah lebih luas. Dan dengan kombinasi kedua teknologi 4G LTE tersebut, Smartfren pun menjanjikan akses 4G LTE di manapun. Meski pada saat memakai jaringan 4G LTE FDD kecepatan download bakal turun cukup jauh di kisaran 3Mbps.

via Detik