Perusahaan asal Australia bernama Fastbrick Robotics mempunyai sebuah robot canggih bernama Hadrian. Robot ini diklaim mampu membangun sebuah rumah dalam waktu yang singkat. Hadrian ini pun disebutkan bisa menyelesaikan proses pembangunan hanya dalam waktu dua hari.
robot hadrian
Founder Fastbrick Robotic, Mark Pivac mengatakan kalau robot tersebut memungkinkan untuk mengangkat sebanyak 1000 batu bata per jam. Tentunya robot ini juga tak perlu istirahat sehingga bisa dioperasikan selama 24 jam penuh. Dengan perhitungan tersebut, Pivac pun berani mengatakan kalau robot ini mampu menyelesaikan rumah hanya dalam waktu dua hari.

Untuk bisa menjalankan robot ini, diperlukan aplikasi 3D CAD yang dijadikan sebagai patokan penempatan batu bata. Selanjutnya, sebuah dengan memanfaatkan sistem laser, robot ini bisa menentukan posisi penempatan batu bata. Robot ini pun diklaim bisa menempatkan batu bata dalam posisi yang akurat. Tak lupa, robot ini juga bisa memperhitungkan sarana lain seperti penempatan kabel listrik.

Pivac mempunyai alasan tersendiri untuk membangun robot tersebut. Dia mengatakan kalau saat ini menemukan seorang tukang yang berperan untuk membangun rumah sangat sulit. Terutama mereka yang berusia muda. Dengan keikutsertaan robot, maka proses pembangunan pun bisa dilakukan dengan cara yang lebih menarik dan efisien.

via Geek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here