Provider internet di Indonesia kini mulai berbenah dalam meningkatkan pelayanannya. Setelah sebelumya XL bersiap melakukan pengujian jaringan 4.5G, kini hal serupa dilakukan oleh Telkomsel. Bahkan, dalam pengujian yang mereka lakukan, Telkomsel berhasil mencatatkan kecepatan di angka 1Gbps.

1gbps

Angka 1Gbps itu (dalam live demo pengujian mampu mendapatkan kecepatan mencapai 1,03Gbps) diperoleh Telkomsel dalam pengujian yang mereka lakukan di GraPari Telkomsel Pondok Indah. Pihak Telkomsel mengungkapkan, proses pengujian jaringan 4.5G ini menjadi tonggak awal migrasi ke arah yang lebih baik, yakni peningkatan ke jaringan teknologi 5G.

Kecepatan internet 1Gbps ini didapatkan oleh Telkomsel dengan menggunakan kombinasi teknologi 4×4 multiple-input multiple-output (MIMO, LTE LAA, dan modulasi 256 QAM. Sayangnya, para pelanggan Telkomsel masih belum bisa merasakan kecepatan internet hingga 1Gbps milik Telkomsel tersebut. Terutama, karena tidak adanya ponsel yang mendukungan jaringan 4.5G.

kredit: Kompas Tekno
kredit: Kompas Tekno

Meski begitu, proses pengujian ini menjadi langkah awal untuk menyediakan akses internet super cepat kepada para pelanggan Telkomsel. Di waktu yang sama, Deputi CEO Huawei Indonesia, Sun Xiwei seperti dikutip dari Kompas Tekno mengatakan, teknologi internet Telkomsel ini akan memberikan manfaat besar bagi pengguna internet tanah air. Terlebih, kecepatan 1Gbps bakal berguna untuk dipakai layanan streaming 4K, VR, AR, dan lainnya.

Dengan pengujian ini, teknologi layanan internet milik Telkomsel pun bakal meninggalkan para pesaingnya. Terlebih, pada pengujian yang akan dilakukan oleh XL, secara teori ‘hanya’ akan bisa menyediakan kecepatan 300Mbps.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here