Tak mau kalah langkah dengan Asus dan Gigabyte yang telah lebih dulu mengklaim memiliki kartu grafis kustom yang didasarkan kartu grafis AMD Radeon RX Vega, XFX sebagai salah satu mitra setia AMD dikabarkan kemungkinan juga bakal memiliki hal sama seperti apa yang dapat terlihat dari gambar teaser terbaru kartu grafis kustom Radeon RX Vega unggulannya yang akan datang. Teaser sosok kartu grafis tersebut pertama kali muncul dan terlihat melalui reddit berkat postingan yang dilakukan oleh Mark Regimbal, yang saat ini menjabat sebagai community manager di XFX.

Hal pertama yang menarik perhatian adalah adanya keberadaan sepasang kipas merah besar, yang terlindungi oleh balutan serat karbon. Dukungan konektor daya PCIe 8+6 pin pada ujung PCB, ditempatkan di antara dua kipas merah besar tersebut. Berbicara tentang PCB, tampilannya relatif pendek dibandingkan dengan nenek moyangnya.

Selain sistem pendingin yang besar lengkap dengan heatpipe tembaga, pada gambar teaser yang ada tampak terlihat susunan standar untuk keberadaan port I/O, yang terdiri dari tiga DisplayPort dan satu HDMI. Sedangkan pada bagian belakangnya, juga dapat terlihat backplate yang agak gemuk yang memberi kita gambaran yang jelas pada sirip aluminium pendingin bersama dengan logo untuk XFX dan Vega.

Susunan 8+6 yang jelas-jelas berbeda dengan referensi kartu yang selama ini menampilkan konektor PCIe 8-pin ganda, jadi wajar kalau ada yang menghubungkan gambar teaser yang ada dengan keberadaan Radeon RX Vega 56. Meskipun begitu, tampaknya masih perlu ditunggu konfirmasi resmi dari XFX mengenai hal itu, termasuk juga dengan rincian informasi harga dan ketersediaanya jika perlu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here