Memang tidak semua perusahaan yang bergelut di industri mobile bakal turut hadir di ajang tahunan Mobile World Congress 2017. Beberapa di antara perusahaan yang tidak hadir lebih memilih mengadakan acara terpisah untuk meluncurkan produk mereka. Sementara yang lain tidak ikut hadir karena memang tidak ada produk untuk ditampilkan. Xiaomi tampaknya juga bakal absen dalam perhelatan tersebut.

xiaomi-office

Juru bicara perusahaan mengungkapkan bahwa mereka tidak akan menghadiri acara tahunan yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol pada akhir Februari itu. Tentu ini menjadi kejutan banyak kalangan, karena biasanya perusahaan selalu memanfaatkan ajang tersebut untuk memperkenalkan produk barunya. Ini berarti, Xaomi Mi 6 belum siap untuk diluncurkan. Dan satu-satunya permasalahan yang perusahaan hadapi adalah, masih minimnya pasokan chipset Snapdragon 835.

Beberapa orang mungkin berpikir perusahaan juga tidak menghadiri acara tersebut karena kepergian Hugo Barra tetapi alasan di atas tampaknya lebih masuk akal. Xiaomi masih memiliki rencana untuk menghadiri acara lain di luar Cina dan pada tahun 2017 ini perusahaan telah hadir di CES 2017 dengan memperkenalkan router baru dan smart TV.

Selain itu, Xiaomi juga mengambil hal-hal yang agak lambat tahun ini. CEO Lei Jun mengatakan bahwa perusahaan tumbuh terlalu cepat dan akan memasuki masa transisi. Namun dalam laporan IHS untuk pengiriman yang tercatat pada tahun lalu, Xiaomi tercatat hanya berhasil mengirimkan 58 juta unit yang membuatnya duduk di posisi keempat, berbanding jauh dengan Huawei diangka 139 juta dan disusul oleh Oppo-Vivo yang masing-masing berhasil mengirimkan 95 juta dan 82 juta unit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here