(Update: Sebenarnya fitur baru ini sudah ada pada Xiaomi Mi 4C, sehingga itu bukan fitur baru yang digarap oleh perushaaan)

Ketika HTC meluncurkan smartphone flagship miliknya yang bernama HTC U11, smartphone tersebut cukup mencuri perhatian dengan adanya fitur baru bernama Edge Sense. Pada dasarnya, smartphone tersebut memiliki frame atau bingkai yang sensitif dengan tekanan. Jadi, frame pada HTC U11 dapat diremas untuk mengakses aplikasi atau pengaturan yang telah diatur sebelumnya. Fitur baru ini juga diwariskan oleh  HTC U11+ dan U11 Life. Kini Xiaomi dikabarkan juga bakal menghadirkan smartphone dengan fitur serupa.

Hal ini diketahui berkat seorang pengguna smartphone Mi 5 yang telah menemukan dua pengaturan tersembunyi di perangkatnya saat memeriksa shortcut aktivitas di Nova Launcher. Perangkat yang ia gunakan telah menjalankan MIUI 8.2.2, dimana ada dua kontrol tersembunyi yang dapat ditemukan pada menu “Edge Control”.

Seperti yang ditunjukkan oleh gambar screenshot di atas, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyentuh atau meremas sisi perangkat untuk menggunakan fitur edge control. Fitur ini bisa digunakan sebagai pengganti tombol kembali atau bahkan untuk memotret.

Untuk smartphone Xiaomi Mi 5 yang diluncurkan tahun lalu memang tidak memiliki sensor di tepinya, namun hal ini menunjukkan bahwa Xiaomi dapat bekerja pada smartphone yang mungkin untuk mendukung fitur ini. Ada kemungkinan bahwa smartphone flagship selanjutnya, yakni Xiaomi Mi 7 bakal mengusung fitur ini.

Xiaomi Mi 7 sendiri diharapkan untuk rilis pada kuartal pertama tahun 2018. Diperkirakan bahwa Mi 7 akan hadir dengan desain full-screen dan chipset Snapdragon 845 dan dukungan wireless charging. Namun hingga saat ini belum ada konfirmasi bahwa Mi 7 bakal hadir dengan frame yang sensitif.

2 COMMENTS

  1. Fitur itu sudah ada di Mi4c dan xiaomi juga sudah mengenalkannya, jadi bukan fitur baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here