Xiaomi telah menggelar acara peluncuran di India, dimana tidak hanya meluncurkan duo smartphone selfie-centric Redmi Y1 dan Redmi Y1 Lite saja, namun perusahaan asal Tiongkok tersebut juga telah mengkonfirmasi tanggal perilisan ROM MIUI 9 Global serta daftar perangkat yang akan kebagian update.

Seperti yang kita harapkan, ROM MIUI 9 Global bakal mencakup banyak sekali perbaikan serta fitur-fitur baru yang belum ada pada versi sebelumnya. Selain itu, perusahaan juga mengklaim jika performa dari MIUI 9 akan secepat ROM Stock Android.

Seorang juru bicara Xiaomi mengatakan, “Kami membandingkannya dengan Samsung, dan mendapati kami lebih cepat dari TouchWiz. Kami juga melakukan perbandingan Redmi Note 4 dengan Mi A1 karena pada dasarnya mereka adalah perangkat keras yang sama: satu di MIUI 9 dan satu lagi di Stock Android. Dalam hal waktu membuka aplikasi, kami menemukan hal yang hampir sama.”

Sayangnya, meski MIUI 9 dikatakan setara dengan Stock Android, namun perlu di ingat bahwa banyak smartphone saat ini yang mulai mendapatkan upgrade ke Android 8.0 Oreo. Sementara MIUI 9 masih menggunakan basis dari Android Nougat.

Untuk fitur yang bisa Anda dapatkan pada MIUI 9 termasuk Smart Assistant, mode split-screen, aplikasi pengeditan foto baru, serta menawarkan performa yang lebih baik dari MIUI generasi sebelumnya. Bahkan ada peningkatan feedback layar sentuh yang lebih baik, akselerasi CPU, peningkatan kecepatan Wi-Fi, pengelolaan sistem berkas baru dan pengelolaan aktivitas latar belakang yang tentunya lebih baik.

Berikut ini adalah daftar smartphone yang kebagian ROM MIUI 9 Global:

  • Xiaomi Mi MIX 2, Mi MIX
  • Xiaomi Mi 6, Mi 5, Mi 5S Plus, Mi 5S, Mi 5, Mi 4, Mi 4i, Mi 3, Mi 2
  • Xiaomi Mi Note 3, Mi Note 2, Mi Note
  • Xiaomi Mi Max 2, Mi Max Prime, Mi Max,
  • Xiaomi Redmi Note 5A, Redmi Note 4X, Redmi Note 4, Redmi Note 3, Redmi Note 2, Redmi Note 4G Prime, Redmi Note 4G
  • Xiaomi Redmi 4, Redmi 4X, Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 3S Prime, Redmi 3S, Redmi 3, Redmi 2 Prime, Redmi 2
  • Xiaomi Redmi Y1, Redmi Y1 Lite

Dari semua perangkat yang disebutkan di atas, Mi MIX 2, Redmi Note 3 dan Mi MAX 2 akan menerima ROM MIUI 9 Global pada tanggal 3 November mendatang. Sementara perangkat lainnya akan mendapatkan update pada akhir bulan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here